Harga Gambas per KG Terbaru September 2018


Harga Gambas Oyong Ceme Petola Per KG Terbaru Bulan Ini

Harga Gambas/Oyong/Ceme per KG Terbaru Bulan Ini. Update harga sayur petola atau gambas per kilo di pasar hari ini, dijual dengan harga berapa benih oyong dari petani gambas minggu ini. Sayur oyong tentu tak asing bagi masyarakat Indonesia. Oyong yang memiliki nama latin, Luffa Cylindrica sering pula dikenal dengan gambas atau ceme. Tanaman yang mempunya ciri buah bersiku-siku memanjang kulitnya keras layaknya kaktus sedangkan dagingnya lunak dan halus berwarna berbeda dengan komoditas lainya, sayur oyong sangat baik tumbuh subur di daerah penggunungan seperti dieng, pare, bogor, matesih. Namun masih banyak orang yang belum tahun dan tidak memahami manfaat oyong untuk mengobati berbagai penyakit.

Gambas atau oyong dalam bahasa latin disebut Luffa acutangula, suku labu-labuan atau Cucurbitaceae merupakan komoditi sayuran minor. Penanamannya biasanya dilakukan di pekarangan atau bagian ladang yang tidak digunakan untuk tanaman lain. Gambas dipanen buahnya ketika masih muda dan diolah sebagai sayur. Sayuran segar ini pada dasarnya mudah hidup di mana saja. Sebelumnya kami juga membuat kumpulan Harga Pare (Peria) Merah Per Kg dan Harga Selada Keriting Per kilo di pasar minggu ini.

Jika Anda ingin membudidayakan tanaman merambat ini ternyata bisa hidup di iklim panas, dengan ketersediaan air yang cukup sepanjang musim. Lingkungan tumbuh yang ideal bagi tanaman oyong adalah di daerah yang bersuhu 18–24 °C, dan kelembaban 50-60%. Cara menanam ceme adalah menaburkan 2 biji kedalam lubang sedalam 1- 2 cm kemudian ditimbun tanah yang baik. Kemudian masa panen mulai usia 3 bulan dan diulangi setiap seminggu sekali. Nah, untuk mendapatkan hasil yang baik, silahkan tanam di tanah yang subur, gembur, banyak mengandung humus, beraerasi dan berdrainase baik, serta bila perlu cek tanah yang mempunyai kadar pH 5,5–6,8. Tanah yang paling ideal bagi budidaya oyong adalah jenis tanah liat berpasir, misalnya tanah latosol, aluvial, dan podsolik merah kuning.

Manfaat Gambas/Oyong/Ceme/Petola bagi kesehatan

Sayuran ini dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah, dan baik dikonsumsi sebelum naik haji.Tak hanya itu petola juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit semisal, Radang usus, asma hingga meningkatkan air susu ibu (ASI). DItambah lagi jiga oyong bisa dibuat sayur ini mampu mencegah pilek, meredakan radang sendi, nyeri otot, serta menormalkan siklus menstruasi.

Harga Gambas/Oyong/Ceme per KG Terbaru Bulan Ini

Peningakatan harga ceme di pasar membuat petani banyak meraup keuntungan berlimpah, lantas berapa harganya saat ini. Harga gambas per kilo yang sebelumnya Rp 2.500 per kg menjadi Rp3.400 per kg akibat langkanya stok Gambas di pasaran karena bersamaan dengan musim tanam padi. Untuk refernsi harga oyong lainya bisa mencapai Rp 5.000 per kg. Untuk harga Rp 9.950 tiap 25 biji benihnya. Nah sekarang harga makodes petola segi dijual sekitar RM 1.44/kg dan harga runcit pula sekitar RM 3.05/kg. Harga tersebut sewaktu-waktu bisa berubah karena berbagai faktor seperti pasar dan iklim.

Demikianlah informasi singkat yang bisa kami sampaikan mengenai Harga Gambas/Oyong/Ceme per kilo di pasaran Indonesia maupun malaysia. Semoga bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk simak juga perkembangan Harga Pete di pasar induk dan harga mentimun hari ini.

Advertisements



Loading...
Harga gambas, Harga sayuran ceme