Wednesday , May 22 2024
Beragam Kelebihan dan Kekurangan Laundry Pods yang Perlu Diketahui

Beragam Kelebihan dan Kekurangan Laundry Pods yang Perlu Diketahui

Mencuci pakaian adalah aktivitas yang kita lakukan sebagai rutinitas, bahkan beberapa orang mencuci pakaian setiap hari karena banyaknya anggota keluarga yang dimiliki. Saat ini aktivitas mencuci bukanlah sesuatu yang sangat berat karena kemajuan teknologi. Banyak jenis mesin cuci di pasaran yang dapat menjawab kebutuhan mencuci Anda.

Perkembangan sabun cuci juga sangat pesat, ada berbagai jenis sabun cuci mulai dari sabun krim atau sabun colek, detergen bubuk sampai detergen cair. Untuk mencuci dengan mesin cuci, sampai saat ini detergen cair masih merupakan primadona. Karena lebih praktis, dan juga lebih mudah larut ketika digunakan mencuci dengan mesin cuci.

Seiring dengan makin berkembangnya teknologi, saat ini muncul jenis detergen baru yaitu laundry pods. Mungkin ada di antara Anda yang belum mengenal laundry pods.

Apa itu Laundry Pods?

Apa itu Laundry Pods

Laundry pods merupakan sabun cuci baru berbentuk padat. Produk ini merupakan kapsul berisi ultra-concentrated deterjen, pelembut pakaian, atau produk pembersih lainnya.

Laundry pods umumnya dikemas dalam plastik film polyvinyl berukuran kecil mirip kapsul besar. Laundry pods juga sering disebut dengan single dose laundry detergent.

Plastik film polyvinyl yang digunakan untuk membungkus mudah larut dalam air ketika dimasukkan ke dalam mesin cuci.

Sebagai tambahan informasi, laundry pods pertama kali diluncurkan pada tahun 2012 silam, oleh sebuah brand pembersih pakaian ternama asal Amerika Serikat. Produk pertamanya berukuran kecil dengan warna biru-orange.

Sedangkan di Indonesia sendiri, laundry pods baru mulai populer di sosial media semenjak tahun 2020 lalu, dan lebih dikenal dengan nama laundry gel ball.

Kelebihan dan Kekurangan Laundry Pods

Kelebihan dan Kekurangan Laundry Pods

Setelah mengenal laundry pods, inilah kelebihan dan kekurangannya yang mungkin dapat Anda gunakan sebagai pertimbangan sebelum menggunakannya.

1. Kelebihan Laundry Pods

  • Laundry pods lebih bersifat seperti deterjen bubuk yang tidak menghasilkan banyak busa sehingga tidak cepat merusak mesin cuci.
  • Praktis digunakan karena hanya dengan memasukkannya ke tabung mesin cuci bersama pakaian. Dan tidak mengotori drawer detergen mesin cuci seperti detergen cair.
  • Detergen ini memiliki kandungan bahan kimia lebih rendah jika dibandingkan dengan deterjen konvensional sehingga aman bagi pakaian maupun mesin cuci Anda.
  • Kebanyakan laundry pods sudah termasuk deterjen cair dan pelembut pakaian. Sehingga Anda tidak perlu repot menambahkan pelembut atau pewangi ketika proses pencucian.
  • Karena merupakan single dose, Anda tidak perlu menakar laundry pods. Jika pakaian Anda lebih banyak cukup tambahkan lagi sebutir laundry pods dalam cucian Anda.
  • Ruang Laundry menjadi lebih bersih karena tidak terdapata ceceran detergen bubuk atau tetesan detergen cair dan pewangi pada lantai.
  • Ukurannya yang kecil dengan kemasan yang aman menjadikannya mudah dibawa bepergian.

2. Kekurangan Laundry Pods

  • Jika detergen bubuk dan cair masih dapat digunakan untuk mencuci manual. Laundry pods hanya bisa digunakan untuk mencuci pakaian dengan mesin cuci.
  • Harga laundry pods yang terbilang mahal jika dibandingkan dengan detergen cair atau bubuk khusus mesin cuci.
  • Tidak dapat digunakan untuk mencuci semua jenis pakaian. Hal ini dikarenakan plastik pembungkus laundry pods tidak mudah larut di air yang terlalu dingin. Sedangkan kain wol, sutra dan satin sebaiknya dicuci dengan air dingin.
  • Tidak bisa dicampurkan dengan jenis pembersih lai karena berisiko merusak pakaian.
  • Bentuk dan warnanya yang cerah memancing anak-anak. Jadi harus berhati-hati dalam menyimpan agar tidak disalahgunakan oleh anak-anak.
  • Selain itu, laundy pods juga agak sulit didapatkan. Sebab, memang di Indonesia belum populer dan belum banyak produsen pembersih pakaian yang memproduksi laundy pods.