Harga Labu Madu Terbaru, Butternut squash yang Manis Mei 2019


Harga Labu Madu Terbaru, Butternut squash yang Manis

Harga Labu Madu Terbaru, Butternut squash yang Manis. Labu selain sebagai sayuran ada yang rasanya manis dan legit. Karena sering d buat sayur membuat sebagian orang memasukkannya dalam kelompok sayuran. Labu yang merupakan buah yang dihasilkan oleh sejumlah anggota suku labu-labuan (Cucurbitaceae), terutama yang berukuran cukup besar dan berbentuk bulat atau memanjang.

Memang tidak ada kriteria yang jelas mengenai pemanfaatannya, sehingga labu dapat dimakan segar atau diolah terlebih dahulu; namun labu biasanya tidak dimakan sebagai lalapan.

Ada beberapa jenis labu yang ada di sekitar kita. Beberapa jenis yang menghasilkan buah yang biasa disebut labu adalah:

  • waluh : Cucurbita moschata, C. pepo, C. argyrosperma, C. maxima
  • labu air Lagenaria siceraria
  • beligo Benincasa hispida
  • belonceng
  • labu siam Sechium edule

Butternut squash

Butternut squash atau labu madu memang belum di sebutkan di atas hanya saja lebih dekat pada jenis waluh atau labu manis. Labu ini merupakan salah satu jenislabu atau waluh yang cukup populer di masyarakat terutama kalangan menengah ke atas. Jenis labu ini dapat dibilang sangat unik. Bentuknya tidak bulat seperti labu-labu pada umumnya melainkan berbentuk seperti kacang tanah.

Harga Labu Madu Terbaru, Butternut squash yang Manis legit

Selain itu, rasanya juga manis dan bertekstur lembut seperti mentega saat sudah dimasak.Labu ini sangat istimewa, keberadaannya masih jarang ditemui di pasaran. Jangkauan pasarnya pun masih sempit dan terkadang hanya tersedia di pasar-pasar buah tertentu saja.

Meskipun begitu labu ini sangat menjanjikan untuk di budidayakan dan peluang budidayanya tentu masih terbuka sangat lebar bagi siapa saja yang berminat. Tak harus petani, siapapun bisa asalkan punya niat sungguh-sungguh dalam membudidayakannya, pasti akan berhasil.

Butternut squash atau labu madu mulai diperkenalkan di Indonesia sekitar tahun 2013-an. Jenis labuini berasal dari daerah Waltham, Amerika Serikat. Labu butternut termasuk golongan tanaman semusim dari keluarga Cucurbitaceae. Tanaman labu madu tumbuh merambat dan menjalar. Namun, tidak seperti keluarga Cucurbitaceae lainnya.

Budidaya labu ini masih belum banyak dilakukan oleh petani sehingga keberadaannya sangat sulit ditemukan di pasaran. Saat ini, hanya ada beberapa daerah tertentu saja yang telah membudidayakan labu madu secara ekslusif seperti daerah Cianjur (Jabar), Bojonegoro (Jatim), Pekanbaru (Riau), dan Lampung. Sedangkan daerah-daerah lainnya masih dalam tahap perkembangan.

Buah labu Madu (Butternut squash) kaya manfaat dan sumber gizi. Buah labu madu mengandung serat yang tinggi, anti oksidan, beta karoten, kalium, mangan, kalori, karbohidrat, vitamin A, C dan vitamin B kompleks.

Manfaat labu madu antara lain menurunkan dan mencegah tekanan darah tinggi, melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan daya penglihatan, memperkuat tulang, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, mengontrol gula darah, menurunkan berat badan (makanan diet) dan dapat juga sebagai MPASI (Makanan Pengganti ASI) bagi bayi.

Harga Labu Madu Terbaru

Pasar yang masih terbuka lebar. Melihat budidaya labu madu atau butternut squash memiliki peluang besar untuk menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Harga jual labu butternut sangat tinggi dibanding jenis labu biasa. Di tingkat petani, harga labu ini berkisar Rp 50-70 ribu/kg sedangkan di pasaran dapat mencapai Rp 100-130 ribu/kg.

Melihat harga labu squash dan pontensi pertaniannya hal ini juga didukung pula dengan peluang hasil tanaman yang tinggi sekitar 10 kg/tanaman. Coba kalkulasi sendiri berapa keuntungannya. Bibit pun juga terbilang ada dan terjangakau.

Budidaya Labu Madu

Adapun teknik dan budidaya labu madu ini tergolong mudah, tidak rumit dan tidak berbeda dengan labu-labu umumnya. Tanaman labu madu membutuhkan para-para atau tralis sebagai tempat perambatan sekaligus untuk menjaga buahnya agar kualitasnya terjaga. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalambudidaya labu madu. Salah satunya yaitu pengendalian terhadap hama dan penyakit.


Hama dan penyakit yang sering menganggu tanaman labu adalah kumbang oteng-oteng sedangkan penyakit layu bakteri dan layu fusarium. Maka dari itu, pengecekan rutin selama budidaya harus diperhatikan mulai dari tahap awal sampai akhir proses budidaya.

Cara pengendalian hama pada tanaman labu ini cukup mudah, dapat dilakukan dengan memungut hama tersebut dan langsung memusnahkannya atau dapat melalui penyemprotan insektisida pada pagi dan sore hari. Untuk pengendalian penyakit dapat dilakukan dengan memperhatikan sanitasi lahan dengan baik.

Labu Madu akan memasuki musim panen saat tanaman sudah berusia 75-90 hari setelah tanam. Ciri-cirilabu madu yang siap panen adalah buah dan tangkai pada pangkal buah berubah warna dari hijau menjadi kuning kecoklatan.

Baca Juga:

Masa panen dapat dilakukan dengan memotong tangkai buah dengan pisau atau memetiknya langsung. Buah labu madu memiliki daya simpan cukup lama mencapai 6 bulan dan tingkat kemanisannya akan meningkat setelah buah ini disimpan minimal 2 bulan setelah panen.

Dengan menyimak harga labu madu di atas selain mengetahui harga terbarunya juga melihat peluang bisnis yang ada padanya. Semoga bermanfaat.

Advertisements



Loading...
harga labu madu 2018, harga buah labu madu hari ini