Tuesday , June 25 2024
Harga Pasang Gigi Palsu 1 Biji Terbaru

Daftar Harga Pasang Gigi Palsu 1 Biji Terbaru, Pilihan Terbaik untuk Menunjang Aktivitas

Memasuki usia lanjut, masalah kesehatan gigi menjadi hal yang sering dialami oleh banyak orang. Salah satu solusinya adalah dengan memasang gigi palsu. Namun, memilih gigi palsu yang tepat menjadi tantangan tersendiri karena terdapat berbagai jenis dan harga yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kami akan memberikan daftar harga pasang gigi palsu 1 biji sebagai pilihan terbaik untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Jenis Gigi Palsu

Sebelum membahas harga pasang gigi palsu 1 biji terbaru, perlu diketahui bahwa gigi palsu terbagi menjadi dua jenis, yaitu gigi palsu permanen dan gigi palsu lepasan.

Kedua jenis gigi palsu tersebut memiliki keunggulan masing-masing dalam penggunaannya. Gigi palsu permanen lebih kuat dan tahan lama, sementara gigi palsu lepasan lebih fleksibel dan mudah dilepas-pasang.

Baca Juga: Penyebab Mata Katarak, Gejala dan Cara Mengobati yang Perlu Diketahui

Jenis Gigi Palsu Permanen

Berikut ada beberapa jenis-jenis gigi palsu permanen yang perlu Anda ketahui:

1. Dental Implant

Gigi palsu permanen yang ditanam di dalam gusi dan berdiri sendiri disebut dengan dental implant. Implan terbagi menjadi dua bagian, yaitu part 1 implant sebagai akar buatan yang ditanam di dalam gusi, dan part 2 implant sebagai struktur mahkota gigi. Harga pasang gigi palsu 1 biji jenis ini cenderung lebih mahal, namun tingkat kenyamanannya lebih tinggi.

2. Crown

Crown merupakan mahkota palsu yang dipasang untuk menggantikan struktur mahkota gigi yang mengalami kerusakan seperti gigi berlobang, patah, atau kropos. Crown hanya bertugas untuk menggantikan mahkota gigi yang rusak saja, tidak untuk menggantikan akar gigi. Harga pasang gigi palsu 1 biji jenis ini cukup terjangkau.

3. Bridge

Jika mengalami gigi putus satu biji, salah satu alternatif gigi palsu permanen adalah bridge. Bridge berfungsi untuk menyanggah gigi di sebelahnya, sehingga sebelum melakukan tindakan biasanya dokter akan memperkecil gigi tersebut. Harga pasang gigi palsu 1 biji jenis ini juga cukup terjangkau.

Baca Juga: Manfaat Operasi LASIK Mata, Risiko Efek Samping dan Potensi Komplikasi

Jenis Gigi Palsu Lepasan

Selajunya, Anda juga perlu mengentahui beberapa jenis gigi palsu lepasan dengan car penggunaan:

1. Kerangka Logam (Frame)

Gigi palsu lepasan dengan kerangka logam atau frame merupakan jenis gigi palsu yang paling umum digunakan. Harga pasang gigi palsu 1 biji jenis ini cukup terjangkau dan mudah dilepas-pasang.

2. Akrilik

Gigi palsu lepasan akrilik merupakan jenis gigi palsu yang paling mudah dibuat dan bisa disesuaikan dengan kondisi mulut pengguna. Harga pasang gigi palsu 1 biji jenis ini cukup terjangkau dan mudah dilepas-pasang.

3. Valplast

Gigi palsu lepasan valplast terbuat dari bahan plastik fleksibel yang lebih nyaman digunakan karena tidak menimbulkan gesekan pada gusi. Harga pasang gigi palsu 1 biji jenis ini cenderung lebih mahal.

4. Thermosens

Gigi palsu lepasan thermosens terbuat dari bahan termoplastik yang dapat menyesuaikan bentuk mulut pengguna. Harga pasang gigi palsu 1 biji jenis ini cenderung lebih mahal.

Cara Merawat Gigi Palsu Agar Tetap Awet

Gigi palsu membutuhkan perawatan yang baik agar tetap awet dan tidak mudah rusak. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat gigi palsu permanen dan lepasan agar tetap awet:

  1. Bersihkan gigi palsu setelah makan. Setelah makan, sisa makanan dan kotoran mudah menempel pada gigi palsu. Untuk menghindari hal ini, bersihkan gigi palsu dengan menyiram air. Setelah kotoran hilang, keringkan dengan tisu.
  2. Rendam gigi palsu di dalam air atau cairan khusus. Saat malam hari, rendam gigi palsu dalam segelas air atau cairan khusus. Hal ini akan membantu menjaga bentuk gigi palsu dan mencegah pertumbuhan bakteri, virus, dan jamur.
  3. Rajin menyikat gigi. Menyikat gigi secara rutin adalah hal yang penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, terutama bagi pengguna gigi palsu. Gunakan sikat gigi yang berbahan lembut dan non abrasif agar tekstur gigi palsu tetap terjaga. Dokter gigi juga dapat merekomendasikan pembersih khusus untuk gigi palsu.
  4. Jaga kebersihan mulut. Selain menjaga kebersihan gigi palsu, penting juga untuk menjaga kebersihan mulut secara keseluruhan. Gigi dan mulut yang kotor dapat menjadi tempat ideal bagi pertumbuhan bakteri dengan cepat. Pastikan rongga mulut tetap bersih dan terjaga ketika gigi palsu tidak digunakan.

Lihat Juga: 5 Penyebab Gusi Berdarah, Begini Cara Perawatan yang Tepat!

Harga Pasang Gigi Palsu 1 Biji Terbaru

Nah, dibawah in akan kami share mengenai daftar harga pasang gigi palsu 1 biji di pasaran.

– Dental Implant: Rp 10.000.000 – Rp 20.000.000
– Crown: Rp 2.000.000 – Rp 5.000.000
– Bridge: Rp 4.000.000 – Rp 7.000.000
– Kerangka Logam (Frame): Rp 500.000 – Rp 1.500.000
– Akrilik: Rp 500.000 – Rp 1.500.000
– Valplast: Rp 2.000.000 – Rp 4.000.000
– Thermosens: Rp 3.000.000 – Rp 5.000.000

Simak Juga:

Demikianah ulasang mengenai list harga pasang gigi palsu lengkap dengan cara merawatnya. Semoga bermanfaat!