3 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Investasi Kripto untuk Pemula

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Investasi Kripto untuk Pemula

Belakangan ini, sangat banyak investor yang tengah menjalani cara investasi crypto (cryptocurrency), guna mendapatkan cuan (kentungan) dan terhindari dari boncos (kerugian).

Terdapat beragam faktor yang membuat investasi mata uang digital kripto ini begitu populer dan diminati oleh banyak orang. Salah satunya penyebabnya adalah karena alasan harga berbagai macam koin kripto yang mengalami kenaikan harga beberpa waktu terakhir ini..

Bahkan jika Anda masih ingat, semenjak awal 2021 ini banyak kripto yang menguat nilainya, misalnya saja mata uang kripto paling popler, bitcoin (BTC) yang harga meroket sangat tinggi. Selain kitu, ada juga meme coin atau aset kripto yang awalnya hanya dibuat untuk lelucon, dogecoin (DOGE) dan saat ini ada shiba inu (SHIBA) yang keduanya memiliki kenaikan harga luar biasa.

Ditambah lagi banyaknya perusahaan atau institusi besar yang sudah mengakui aset kripto sebagai alat pembayaran yang sah. Sehingga membuat para investor kripto menjadi lebih yakin dan percaya untuk menginvestasikan sebagian dananya pada instrumen cryptocurrency ini.

Tips Investasi Crypto untuk Pemula

Bagi Anda yang ingin terjun di dunia kripto, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda akan melakukan investasi kripto agar bisa cuan.

1. Kenali Jenis Aset Kripto yang Berpotensi

Anda sebagai investor pemula harus banyak belajar dan mengetahui berbagai aset kripto yang sebaiknya dimiliki. Perlu Anda ketahui, sekarang ini sudah ada ribuan jenis koin dan token kripto yang beredar di pasar cryptocurrency global.

Beragam mata uang kripto memiliki kasus penggunaan dan Anda harus benar-benar memahami proporsinya, mulai dari potensi investasi kripto tersebut, sebelum Anda menanamkan modal.

Anda sebagai investor pemula, sangat disarankan untuk memilih aset kripto yang sudah memiliki fondasi kuat serta telah besar di pasaran, misalnya bitcoin (BTC) atau ethereum (ETH).

Sebab, kedua jenis koin crypto di atas sudah memiliki kerangka aturan yang jelas, sehingga akan meminimalisir berbagai risiko buruk bagi Anda.

2. Tentukan Platform yang Tepat & Aman

Tips investasi mata uang kripto yang kedua adalah menentukan platform atau marketplace untuk pembelian aset yang tepat. Pastikan Anda hanya memilih platform jual beli aset kripto yang terpercaya, dan terjamin kemanannya. Misalnya saja Tokenomy.

3. Pahami Risikonya

Selain kedua tips di atas, Anda sebagai investor pemula juga harus mengetahui risiko yang dapat terjadi ketika memutuskan untuk investasi kripto. Seperti halnya instrumen investasi lainnya, di dunia kripto juga terdapat risiko bahkan lebih besar.

Hal ini disebabkan karena harga token dan koin kripto tidak memiliki patokan yang jelas dan spesifik, sehingga sulit diamati dengan jelas. Untuk itu, sebagai pemula Anda sangat disarankan untuk memulai investasi kripto dengan alokasi dana yang kecil terlebih dahulu.

Selain itu juga perlu Anda ketahui, bahwa umumnya transaksi mata uang kripto akan dibebani biaya yang lebih besar dibandingkan dengan platform instrumen investasi lainnya. Untuk itu Anda juga harus memperhatikan hal tersebut agar investasi kripto yang Anda lakukan dapat menghasilkan cuan yang besar.