Eksotisme Pantai Parangtritis Jogja di Balik Mitos dan Folklor

Eksotisme Pantai Parangtritis Jogja di Balik Mitos dan Folklor

Pantai Parangtritis merupakan salah satu ikon wisata Yogyakarta yang selalu menjadi favorit kunjungan para wisatawan domestik maupun mancanegara. Pesona Parangtritis memang erat kaitannya dengan sejarah, mitos, dan legenda mengenai keberadaan Ratu Pantai Selatan, yaitu Nyi Roro Kidul.

Terlepas dari mitos dan folklor Parangtritis, pantai berpasir hitam ini memang memiliki keindahan yang dapat memanjakan mata. Tidak mengherankan jika pantai ini selalu dipadati oleh pengunjung yang hanya ingin sekedar mencuci mata dan menikmati sepoi angin sembari bermain air di tepian pantai.

Hal Hal Seru yang Wajib Dicoba Saat ke Parangtritis

Tidak dapat dipungkiri, bahwa Pantai Parangtritis merupakan salah spot terbaik untuk menyaksikan keindahan matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset). Saat cuaca cerah, biasanya akan banyak pengunjung memadati area tepian pantai untuk melihat fenomena alam mengagumkan tersebut.

Selain menantikan sunrise dan sunset, kamu juga dapat mencoba beberapa aktivitas menarik berikut saat berada di kawasan Parangtritis:

1. Naik Delman Mengelilingi Pantai

Di kawasan wisata Parangtritis ada banyak sekali delman yang mangkal. Karena garis pantainya cukup panjang, tentu akan melelahkan kalau harus berjalan kaki. Oleh karena itulah, tidak ada salahnya kalau naik delman menyusuri area sekitar pantai untuk seru-seruan.

2. Bermain Air

Pantai Parangtritis terkenal memiliki ombak cukup ganas, terutama pada bulan-bulan tertentu. Oleh sebab itulah, pengunjung dilarang untuk berenang. Namun, kamu masih bisa bermain air di bibir pantai.

3. Menelusuri Pantai dengan Motor ATV

Di Parangtritis tersedia tempat rental motor ATV dengan harga cukup terjangkau. Kamu bisa menyewanya untuk menelusuri area pantai dari ujung barat ke ujung timur tanpa harus merasa lelah.

4. Menikmati Me Time / Quality Time

Bagi kamu yang sedang mencari ketenangan, berkunjung ke Parangtritis bisa menjadi pilihan terbaik. Apalagi, mengingat area pantainya sangat luas, sehingga kamu bisa leluasa mencari tempat yang asyik untuk menikmati waktu sendirian maupun bersama orang tersayang.

Tips Hemat Liburan ke Jogja yang Harus Kamu Ketahui

Berencana untuk liburan ke Yogyakarta, tapi terkendala budget pas-pasan? Jangan sedih, kamu bisa tetap liburan seru dengan mengikuti beberapa tips hemat ini:

1. Selalu Menggunakan Transportasi Umum

Untuk menghindari over budget akibat biaya transportasi, usahakan berkeliling dengan angkutan umum yang lebih murah. Bagi yang berasal dari luar kota dan sedang mencari pilihan transportasi murah tapi nyaman, maka kereta api bisa jadi opsi terbaik. Apalagi, sekarang kamu bisa beli kereta api tiket secara online.

2. Tidak Pilih Pilih Makanan

Jika budget terbatas, maka kamu tidak perlu memaksakan untuk makan di restoran atau tempat mahal. Pilihlah makanan apa adanya yang penting sehat dan kenyang.

Tertarik untuk liburan ke Jogja naik kereta api? Kamu bisa mengunduh aplikasi Pegipegi untuk menemukan penawaran harga terbaik. Bagi yang tinggal di Jakarta, kamu bisa mengecek sekaligus memesan tiket kereta api Jakarta Jogja secara lebih praktis melalui aplikasi terpercaya ini.

Referensi:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Parangtritis

Jika Anda ingin kerja sama iklan (sponsorship), content placement, pemasangan backlink dan kerja sama lainnya, Anda bisa menghubungi kami lewat WhatsApp:

Dewi: https://wa.me/6281326325743