Harga Kacang Hitam Terbaru September 2018


Harga Kacang Hitam Terbaru

Harga Kacang Hitam Terbaru. Dunia makanan dan gizi memungkinkan orang memburu apa saja yang dianggap baik dan berguna bagi tubuh. Salah satu protein nabati dan zat unik di dalam kacang. Mulai dari kacang tanah, kacang hijau, kacang polong, dan masih banyak lainnya jenis kacang-kacangan yang berguna dan dibutuhkan tubuh.

Kacang adalah istilah non-botani yang biasa dipakai untuk menyebut biji sejumlah tumbuhan polong-polongan (namun tidak semua). Dalam percakapan sehari-hari, kacang dipakai juga untuk menyebut buah (polong) atau bahkan tumbuhan yang menghasilkannya. Di Jakarta, kata “kacang” biasanya dimaksudkan untuk polong kacang tanah. Kata ini sebenarnya dipakai untuk menyebut biji kering yang berbentuk menyerupai ginjal dan dimakan setelah dikeringkan.

Pengertian “kacang” tidak sama dengan nut dalam bahasa Inggris, namun lebih dekat dengan pengertian pulse ditambah dengan kedelai, kacang tanah dan sejumlah sayuran legum (kacang panjang).

Manfaat Penting Kacang Hitam

Kacang biasanya mengandung protein dan/atau lemak yang cukup tinggi, sehingga banyak yang dihargai sebagai bahan pangan yang penting. Biji legum kering yang besar dan mengandung banyak tepung biasanya tidak disebut “kacang”, melainkan “kara” atau “koro”.

Harga Kacang Hitam Terbaru saat ini

Dalam konteks pangan, “kacang” dipakai pula untuk menyertai nama produk pangan olahan yang biasanya dibuat dari kacang tanah.


Kacang hitam merupakan salah satu pilihan makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh vegetarian dan non-vegetarian. Bagian dari keluarga tanaman polong ini memiliki rasa yang lezat dan bernutrisi, serta tersedia dalam bentuk yang sudah dikeringkan atau dikalengkan yang sama-sama memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Berikut ini 4 manfaat kacang hitam yang sebaiknya Anda tahu.

Protein

Kacang hitam memiliki kandungan protein yang tinggi dan baik untuk dikonsumsi oleh para vegetarian dan mereka yang sedang menjalani diet rendah protein. Untuk menggantikan protein hewani, kacang hitam adalah pilihan yang tepat. Selain itu, terdapat pula kandungan lemak tersaturasi dan tidak mengandung kolesterol sama sekali. Memakan kacang hitam dan nasi merupakan kombinasi yang penting, karena memenuhi asupan asam amino yang dibutuhkan tubuh dan menggantikan asam amino yang rusak didalam organ-organ tubuh.

Nutrisi mikro

Mengonsumsi kacang hitam dapat membantu meningkatkan asupan zat besi dalam tubuh karena di per mangkuknya mengandung sekitar 3.6 miligram zat besi. Menjaga kadar zat besi di dalam tubuh sangat penting dilakukan untuk mencegah kondisi anemia. Selain itu, kacang hitam juga merupakan sumber kalsium yang tinggi, mencapai 46 miligram per mangkuknya, serta mengandung potasium sekitar 611 miligram.

Kalsium sudah dikenal sebagai bahan pembentuk tulang dan membantu kerangka tubuh, serta potasium membantu regulasi tekanan darah dan laju jantung. Jenis nutrisi mikro lainnya yang ada di dalam kacang hitam meliputi magnesium, folat, zinc dan fosfor.

Serat

Kacang hitam juga tinggi kandungan serat, mengandung sekitar 15 gram per mangkuk kacang hitam masak. Kacang hitam mengandung serat yang tidak larut, yang berguna untuk memperbaiki fungsi pencernaan dan mencegah sembelit. Kacang hitam juga dilengkapi dengan serat larut, yang membantu menurunkan kadar kolesterol dan kadar gula dalam darah.

Antioksidan

Di dalam kacang hitam, terdapat kadar antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan berbagai jenis kacang-kacangan lainnya. Di dalam kacang hitam, dapat dengan mudah ditemukan kadar antioksidan yang setara dengan apel, anggur dan cranberries. Antioksidan bekerja menetralisir sel-sel perusak akibat adanya radikal bebas dan menurunkan risiko adanya penyakit jantung, kanker dan penyakit lainnya.


Perhatian Untuk Kacang Hitam

Dalam mengonsumsi berbagai kacang-kacangan, termasuk kacang hitam, waspadalah terhadap komponen yang disebut sebagai phytohenagglutinin, yang dapat menjadi beracun dalam jumlah yang banyak. Kandungan tersebut berada paling tinggi di dalam kacang merah mentah atau yang kurang matang, melebihi yang ada di dalam kacang hitam.

Rebus terlebih dahulu kacang-kacangan ini selama minimal 10 menit sebelum mengonsumsinya dan hindari memasaknya di dalam slow cooker karena kandungan phytohenagglutinin tidak akan hancur dan berpotensi bertambah tinggi. Sumber: meetdoctor.

Harga Kacang Hitam Terbaru

Harga kacang hitam terbaru saat ini dibanderol seharga Rp 46.000,00 kg. Ada yang sebagian penjual menjual kurang atau lebih adalah hal lumrah karena terkait beberapa faktor.

Baca Juga:

Demikian harga kacang hitam terbaru sebagai informasi update harga terkini. Silakan mencari harga barang lainnya terbaru di laman hargabulanini.com.

Advertisements



Loading...
Harga kacang hit, harga kacang hitam per kg