10 Tips Membeli Rumah untuk Pemula yang Tepat dan Aman

Tips Membeli Rumah untuk Pemula yang Tepat dan Aman

Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer. Walaupun kebutuhan primer, rumah terasa seperti makin tidak terjangkau beberapa waktu belakangan. Pasalnya, harganya yang terus meroket setiap tahunnya.

Sekalipun sebagai keluarga baru, ada baiknya segera memikirkan untuk memiliki investasi berupa hunian. Karena penyesuaian-penyesuaian yang diperlukan sebagai pasangan baru akan lebih mudah dilakukan jika berada pada tempat dengan privasi penuh.

Jika Anda merasa harga rumah berlipat-lipat dari gaji Anda, Anda dapat mulai menabung. Atau jika mendesak Anda juga dapat membeli rumah secara kredit.

Baik pembelian rumah secara cash maupun kredit yang wajib dilakukan adalah memastikan pengeluaran tersebut tidak mengganggu keuangan keluarga sehari-hari.

Untuk menyesuaikan budget, Anda juga bisa membeli rumah second atau bekas. Pasalnya, rumah bekas umumnya memiliki harga yang lebih terjangkau. Misalnya Anda bisa mendapatkan rumah tersebut dengan membelinya dari pihak yang jual rumah murah jakarta 150 juta.

Tips Aman Membeli Rumah untuk Pemula

Bagi Anda yang baru akan membeli rumah untuk pertama kalinya, banyak hal yang perlu dipertimbangakn agar tidak menyesal di kemudian hari.

Berikut beberapa tips yang akan membantu Anda guna memudahkan dalam pencarian dan pembelian rumah impian Anda.

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Keluarga

Sebelum memilih dan mencari rumah yang akan dibeli, hal mendasar yang wajib Anda lakukan adalah memetakan kebutuhan keluarga Anda. Bagi Anda pasangan baru, mungkin Anda dapat menyesuaikannya dengan rencana masa depan Anda.

Misalnya saja Anda mulai dari berapa rencana jumlah anak yang ingin Anda miliki, apakah Anda akan mempekerjakan Asisten Rumah Tangga atau tidak.

Selain itu, ada juga hal lainnya yang Anda perlu diskusikan, antara lain: jumlah kamar yang dibutuhkan, butuh garasi atau cukup carport, seberapa luas ruang terbuka yang diinginkan dan beberapa hal lain yang terkait dengan kebutuhan ruangan dan juga fasilitas dalam rumah.

Ketika sudah menentukannya, Anda akan lebih mudah melakukan pencarian karena Anda dapaat menyortir perumahan berdasarkan type dan luas tanah yang sesuai.

2. Memutuskan Cara Pencarian

Pada era online seperti saat ini, mencari dan membeli rumah bukanlah hal yang sulit. Banyak sekali situs properti yang bertebaran. Dalam situs tersebut Anda dapat melihat data, gambar dan detail rumah yang dipajang. Salah satunya adalah Rumah.com

Jika merasa kurang puas, Anda bisa langsung menghubungi melalui kontak yang tersedia ataupun telemarketing. Sekalipun dilakukan secara online, cara ini tetap membutuhkan waktu dan juga ketelatenan yang tidak sedikit.

Jika Anda dan pasangan termasuk orang yang sibuk, Anda dapat mencari Agen property terpercaya dan memintanya mencarikan rumah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk cara ini akan lebih fleksibel secara waktu,

Namun Anda perlu mengeluarkan uang tamahan guna memberikan komisi untuk membayar fee agen properti tersebut.

3. Perhatikan Lokasi & Akses Rumah

Lokasi dan akses rumah juga merupakan pertimbangan penting saat akan membeli rumah. Terutama bagi Anda yang bekerja. Dari segi harga, rumah di pinggiran kota tentu saja lebih murah daripada rumah di pusat kota.

Namun Anda juga perlu memperhitungkan apakah terlalu jauh dari lokasi kantor Anda dan apakah akses transportasi umum tersedia.

Carilah rumah yang harganya sesuai dengan kemampuan Anda, dengan lokasi yang tidak terlalu jauh dari lokasi Anda bekerja dan dekat dengan akses transportasi umum seperti halte busway, stasiun ataupun terminal. Hal ini penting jika suatu saat Anda terpaksa tidak bisa menggunakan kendaraan pribadi.

4. Spesifikasi Material Bangunan Rumah

Kebanyakan pemula hanya melihat rumah berdasarkan lokasi dan desain. Padahal tahukah Anda, dibandingkan dengan desain material, bangunan akan lebih penting.

Rumah dengan kualitas material dan juga pengerjaan yang baik tidak akan membutuhkan renovasi dalam waktu dekat, sehingga akan lebih hemat pengeluaran.

Beberapa pertimbangan penting saat memilih material adalah: dinding bata merah lebih kokoh dibandingkan dengan batako, rangka baja ringan akan lebih baik dibandingkan kayu yang rentan serangan rayap, lantai dengan pelat beton lebih awet dibandingkan keramik.

Anda bisa mendapatkan info tersebut melalui website resmi, atau meminta info kepada agen properti yang Anda gunakan. Segala pilihan yang Anda tentukan, pastikan tetap sesuai dengan budget yang Anda miliki.

5. Memilih Desain Rumah sesuai Keinginan

Setelah menentukan hal-hal penting di atas, berikutnya adalah memilih desain. Saat ini tersedia perumahan dengan berbagai desain yang menyesuaikan target pasar.

Jika budget yang Anda miliki terbatas, pilihah yang sesuai atau mendekati desain impian Anda, hal ini akan meminimalisir pengeluaran biaya renovasi.

Namun jika menginginkan yang sama persis dan Anda memiliki budget lebih, Anda dapat membeli rumah melalui jasa developer sekaligus merenovasi menjadi persis seperti rumah impian Anda.

6. Memastikan Fasilitas Kebersihan & Kesehatan Rumah

Di masa pandemi seperti saat ini, fasilitas kebersihan dan penunjang kesehatan dalam rumah haruslah menjadi prioritas. Beberapa hal yang harus dipastikan sebelum membeli rumah antara lain: jumlah jendela dan ventilasi yang cukup.

Hal ini penting untuk pergantian udara dan juga kecukupan sinar matahari dalam rumah, sistem drainase dan juga pembuangan limbah. Pastikan semua drainase berfungsi dengan baik.

Dan yang terakhir adalah lingkungan sekitar rumah tidak kumuh, serta semua selokan mengalir dengan lancar dan baik.

7. Perhatikan Lingkungan Perumahan

Lingkungan perumahan yang dimaksud adalah lingkungan perumahan bebas bencana, terutama banjir. Selanjutnya adalah lingkungan secara sosial, yaitu aman dari tindakan premanisme, kriminalisme hingga tawuran antarwarga.

8. Kesediaan Fasilitas Umum Sekitar Rumah

Untuk kemudahan dan kenyamanan, karena kemungkinan besar rumah yang Anda beli akan Anda huni dalam jangka panjang. Anda juga harus memastikan fasilitas umum di sekitar perumahan Anda lengkap dan mudah diakses.

Beberapa fasilitas yang perlu Anda pertimbangkan antara lain: sekolah, rumah sakit atau klinik, supermarket, ATM, hingga mall, restoran ataupun tempat rekreasi minimal berupa ruang terbuka hijau.

9. Harga Sepadan & Skema Pembayaran yang Sesuai

Untuk dapat memperoleh harga terbaik, sebaiknya Anda memiliki beberapa pilihan rumah yang Anda inginkan. Dengan demikian Anda dapat membandingkan hargaya dengan semua kelebihan dan kekurangan masing-masing rumah yang Anda pilih.

Untuk skema pembayaran, Anda dapat menentukan untuk membayar secara cash ataupun kredit, sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

10. Potensi Perubahan Rumah di Masa Depan

Selain sebagai hunian, rumah juga merupakan investasi jangka panjang. Sebelum membeli rumah, Anda perlu mempertimbangkan kemungkinan renovasi untuk penambahan ruangan, kemungkinan pindah dan kemungkinan lainnya.

Pastikan pilihan rumah Anda saat ini tidak akan menyulitkan perubahan rencana yang mungkin terjadi di masa mendatang.

Demikian beberapa tips membeli rumah untuk para pemula. Membeli rumah memerlukan pemikiran yang matang dan jangan sampai termakan oleh emosi sesaat.