Inilah Pengertian LDL dan 4 Cara Menurunkannya

Inilah Pengertian LDL dan Cara Menurunkannya

Banyak orang mengkhawatirkan kadar kolesterol dalam darahnya. Padahal dalam tes kolesterol, ada 4 jenis lemak yang di tes yaitu: LDL, total cholesterol, HDL, dan Serum Tryglycerides. beberapa salah satu jenis lemak dalam darah yang akan diukur adalah (LDL). Pengertian LDL (low-density lipoprotein) itu sendiri merupakan kolesterol jahat yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke jika jumlahnya melebihi batas toleransi tubuh.

Kolesterol dan LDL

Sebenarnya secara alamiah tubuh kita, yaitu hati menghasilkan kolesterol. Kolesterol juga dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk hormon, membran sel dan juga mengolah vitamin D. Walaupun merupakan lemak jahat LDL memiliki fungsinya tersendiri. LDL adalah lipoprotein yang akan membawa kolesterol ke pembuluh darah. Yang berbahaya adalah jika kadar LDL sangat tinggi, LDL ini akan mengendap dan menumpuk pada dinsing-dinding pembulih darah dan menyebabkan aliran darah tidak lancar.

Penumpukan LDL pada pembuluh darah disebut plak kolesterol. Jika dibiarkan terus menumpuk tanpa ada penanganan plak ini dapat mempersempit pembuluh darah, membatasi aliran darah, dan meningkatkan risiko pembekuan darah. Serangan jantung dan stroke terjadi karena gumpalan darah yang membeku karena plak ini menghambat arteri di jantung atau otak.

Selain menjadi penyebab utama serangan jantung dan stroke jumlah LDL yag berlebihan tidak akan dapat diolah oleh getah empedu sehingga menimbulkan terjadinya penumpukan dan menjadi batu empedu.

Angka Normal LDL

Jumlah normal kadar LDL dalam darah adalah 100-129 md/dL. Namun untuk orang dewasa lebih baik jika memiliki kadar LDL 100 md/dL ke bawah. Kadar LDL dianggap tinggi jika sudah melebihi angka 129 md/dL, jika sudah mendekati angka ini sebaiknya Anda segera berusaha menurunkan kadarnya.

Cara Menurunkan Kadar LDL

Bagaimana cara menurunkan kadar LDL dalam tubuh? Simak beberapa ulasan berikut ini:

1. Perhatikan Berat Badan

Kelebihan berat badan atau obesitas adalah penyebab utama berbagai jenis penyakit. Salah satunya adalah memicu penyakit jantung. Lemak yang menumpuk dalam badan bisa jadi salah satunya adalah LDL. Pada kebanyakan orang seiring dengan menurunya berat badan kadar LDL dalam tubuhnya juga ikut menurun.

2. Konsumsi Makanan Sehat dan Gizi Seimbang

Sebagian besar LDL masuk kedalam tubuh melalui makanan. Makan cara menurunkannya adalah dengan menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Jenis makanan yang dipercaya dapat mengurangi kadar LDL adalah makanan yang tinggi serat dan fitosterol. Selain itu lemak sehat seperti yang terkandung dalam alpukat atau minyak zaitun juga merupakan sumber penurun kolesterol yang baik.

3. Rajin Berolahraga

Olahraga adalah gaya hidup sehat yang sering dilupakan, karena banyak yang menganggap olahraga terlalu memakan banyak waktu. Jika anda berolahraga minimal 30 menit setiap hari, akan sangat membantu untuk mengurangi LDL dalam tubuh.

Tidak perlu mencari olahraga yang sulit jalan cepat, lari, joging, bersepeda, berenang bahkan menari adalah jenis olahraga kardio yang dapat membantu menurunkan kadar LDL. Jika anda ingin menurunkan berat badan bisa ditambah dengan yoga ataupun latihan beban.

4. Hentikan Kebiasaan Merokok

Tenyata merokok tidak hanya membahayakan paru-paru Anda, bahkan pada sebagian besar perokok diketahui jumlah LDL dalam tubuhnya juga cukup tinggi. Pada suatu penelitian membuktikan bahwa kadar kolesterol segera menurun tidak lama setelah Anda berhenti merokok. Dan efek kadar kolesterol yang tinggi akibat merokok dapat hilang seluruhnya dalam 90 hari Anda berhenti merokok.

Salah satu kunci untuk menurunkan kadar LDL adalah dengan melakukan perubahan gaya hidup, namun jika tidak kunjung berhasil anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat-obatan yang dapat menurunkan kadar LDL dalam tubuh Anda.