Harga Daging Kambing Per Kg Terbaru Oktober 2018


Harga Daging Kambing Per Kg Terbaru

Harga Daging Kambing Per Kg Terbaru Bulan IniKambing dengan hasil olahan dagingnya memiliki rasa tersendiri bila memang menjadi penggemarnya. Rasa gading yang kuat dipadukan dengan bumbu rempah yang pas dipastikan akan selalu menghadirkan masakan daging yang memberikan ketagihan tersendiri.

Harga Daging Kambing Per Kg Terbaru. Daging kambing berbeda dengan daging sapi. Selain aromanya juga teksturnya berbeda dengan sapi. Bisa dikatakan serat daging kambing tidak sebesar daging sapi.

Berbagai isu efek daging kambing bagi pelahabnya selalu muncul seperti membuat darah tinggi, badan terasa hangat, hingga kolesterol. Ini sebenarnya bila dibandingkan dengan harga daging kambing per kg maka Anda bisa membandingkannya.

Sekian banyak manfaat daging kambing buat manusia jelas harus dipahami dari sumber yang terpercaya buka “katanya”. Apalagi memang citarasa daging kambing memberikan nilai kuliner tersendiri di tengah masyarakat.

Mengenal Jenis dan Sejarah Kambing

Kambing merupakan binatang memamah biak yang berukuran sedang. Kambing ternak (Capra aegagrus hircus) adalah subspesies kambing liar yang secara alami tersebar di Asia Barat Daya (daerah “Bulan sabit yang subur” dan Turki) dan Eropa. Kambing liar jantan maupun betina memiliki tanduk sepasang, namun tanduk pada kambing jantan lebih besar.

Umumnya, kambing mempunyai janggut, dahi cembung, ekor agak ke atas, dan kebanyakan berrambut lurus dan kasar. Panjang tubuh kambing liar, tidak termasuk ekor, adalah 1,3 meter – 1,4 meter, sedangkan ekornya 12 sentimeter – 15 sentimeter. Bobot yang betina 50 kilogram – 55 kilogram, sedangkan yang jantan bisa mencapai 120 kilogram. Kambing liar tersebar dari Spanyol ke arah timur sampai India, dan dari India ke utara sampai Mongolia dan Siberia. Habitat yang disukainya adalah daerah pegunungan yang berbatu-batu.

Kambing sudah dibudidayakan manusia kira-kira 8000 hingga 9000 tahun yang lalu. Di alam aslinya, kambing hidup berkelompok 5 sampai 20 ekor. Dalam pengembaraannnya mencari makanan, kelompok kambing ini dipimpin oleh kambing betina yang paling tua, sementara kambing-kambing jantan berperan menjaga keamanan kawanan. Waktu aktif mencari makannya siang maupun malam hari. Makanan utamanya adalah rumput-rumputan dan dedaunan.

Manfaat Daging Kambing

Selain enak dan terjangakau harga daging segar kambing juga ada segudang manfaat yang perlu diketahui. Berikut sekilas manfaat daging sapi yang perlu diketahui (sumber: manfaat)

1. Sebagai Sumber Energi Cukup Besar

Mengkonsumsi daging kambing merupakan sumber energi yang cukup besar untuk beraktivitas sehari hari. Kandungan kalori, lemak dan protein akan menjaga tubuh tetap fit selama mengkonsumsi daging ini.

2. Berguna Saat Pembentukan Otot

Kandungan penting protein dalam daging kambing merupakan salah satu yang paling besar di bandingkan dengan daging-daging lainnya. Jelas sekali bahwa protein merupakan zat yang sangat penting untuk pembentukan otot dan pertumbuhannya.

3. Mampu Mencegah Anemia

Masuk dalam kelompok daging merah membuat daging kambing sangat penting untuk dikonsumsi saat anda mengalami anemia.

4. Membuat Sistem Kekebalan Tubuh Meningkat

Zat besi yang ada dalam daging kambing dikatakan cukup tinggi, tercatat per 100 gram dapat memenuhi 26 % kebutuhan harian zat besi tubuh kita. Manfaat zat besi seperti yang kita ketahui salah satunya adalah untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

5. Sebagai Sumber Antioksidan

Faktanya daging kambing merupakan salah satu sumber Selenium yang cukup besar, total ada 38.0 mcg atau 54% kebutuhan harian. Manfaat antioksidan sendiri adalah salah satu sumber antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan.


6. Berguna Menjaga Kesehatan Mata

Zat penting seperti Riboflavin dalam daging kambing yang dikenal dengan vitamin B2 sangat berguna bagi tubuh. Kandungan Riboflavin dalam 100 gr daging kambing adalah 0.3mg atau 18% dari kebutuhan harian.

7. Mampu Menjaga Sistem Saraf

Manusia memilki sistem saraf yang rumit. Dengan bantuan daging kambing yang menjadi salah satu sumber energi yang cukup besar serta memiliki zat yang baik untuk saraf yaitu vitamin B12 sangat berguna bagi sistem sarat kita. Kandungannya 4.4 mcg atau 74% dari kebutuhan harian per 100 gr konsumsi. Bisa anda bayangkan betapa besarnya kandungan vitamin b12 dari daging kambing, ini akan sangat baik untuk sistem saraf.

8. Berguna Menjaga Kesehatan Mental

Selain itu kandungan vitamin B12 pada daging kambing yang cukup tinggi juga mampu menjaga syaraf dan fungsi utamanya untuk mengubah energi. Vitamin B12 dalam kambing ini juga bermanfaat untuk kesehatan mental.

9. Meningkatkan Kolesterol Baik (HDL)

Kandungan niacin (Vitamin B3) dalam daging kambing merupakan “Pelaku” yang dapat meningkatkan kandungan HDL dalam darah, jadi anda tidak perlu terlalu khawatir dengan lemak jahat di darah anda. Kandungan niacin dalam 100 gr daging kambing 6.5 mg atau 33% kebutuhan harian.

10. Mampu Menjaga Kesehatan Tulang

Khusus hal ini di dalam kandungan daging kambing ada zat bernama Phosphorus sebesar  272 mg dalam 100 Gr daging kambing atau 27% kebutuhan harian. Zat ini merupakan salah satu dari zat yang dapat menjaga kekuatan tulang begitu juga dengan kesehatannya.

Tingginya animo masyarakat dalam mengkonsumsi kambing jelas merupakan peluang dari sisi supplyer atau peternakan. Untuk mendapatkan daging kambing ini tidak perlu khawatir karena Indonesia memiliki sekian banyak tempat mudahnya mendapatkannya seperti daerah Ambon, Balikpapan, Banda Aceh, Bandung, Banjarmasin, Batam, Bekasi, Bengkulu, Berau, Biak, Bogor, Cirebon, Denpasar, Depok, Gorontalo, Jogja, Jakarta, Jambi, Jayapura.

Di daerah lain juga gampang mengaksesnya meliputi Kualanamu, Kendari, Kupang, Makasar, Manado, Mataram, Medan, Merauke, Manokwari, Padang, Palembang, Palu, Palangkaraya, Pangkalpinang, Pekanbaru, Pontianak, Solo, Sorong, Semarang, Surabaya, Tangerang, Tanjung pandan, Tarakan, Tanjung pinang, Tanjung karang, Timika, Ternate, Ujung pandang, dan termasuk juga seluruh kota di luar negeri.

Harga Daging Kambing Per Kg Terbaru

Berikut harga daging kambing per kg saat ini dalam bentuk tabel.

Jenis Daging Kambing Harga (Rupiah) Ket.
Daging Kambing Jawa 80000 Pasar Semarang, Solo, Yogya
Daging kambing mayestik 125000 Pasar dan mall terdekat
Harga Daging kambing Tertinggi Rp 120.000/kg Area Pasar Mampang
Harga Daging kambing Terendah Rp 90.000/kg Daerah Pasar Petojo Ilir
Harga Daging kambing Rata-Rata Rp 109.545/kg DKI Jakarta

Baca Juga:

Demikian informasi update harga daging kambing per kg. Silakan mengunjungi pasar-pasar tradisional atau supermarkel/ mall untuk mendapatkan daging segar kambing. Harga daging kambing per kg yang fresh memang berbeda dengan sapi bisanya daging kambing banyak melalui pemesanan seperti aqiqoh, penjual kambing, acara pesta dan lainnya.

Advertisements



Loading...
Harga dading kambing per