Ketahui 6 Tips Merawat Perangkat PABX agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Tips Merawat Perangkat PABX agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Saat ini sudah ada banyak jenis PABX di pasaran. Salah satu PABX murah namun memiliki kualitas tinggi adalah produk keluaran Alcatel-Lucent Enterprise. Bagi Anda yang belum tahu, PABX merupakan kependekan dari Private Automatic Branch eXchange.

Dalam sebuah kantor atau perusahaan, perangkat Perangkat PABX memegang pernan yang sangat penting. Adapun PABX ini sendiri merupakan suatu perangkat keras elektronik telekomunikasi yang memiliki fungsi sebagai pembagi (pengatur) antara bagian internal (yaitu extension to extension) dengan juga eksternal (outgoing dan incoming).

Tips Merawat PABX agar Awet

Di pasaran, harga PABX itu sangatlah beragam. Mau harganya mahal ataupun murah bagi Anda, yang jelas perangkat PABX ini perlu dirawat dengan baik dan benar agar awet dan tidak mudah rusak.

Jika Anda belum paham tipsnya, berikut ini kami sajikan bagaimana cara merawat PABX agar tidak mudah rusak.

1. Restart secara Berkala

Tips merawat PABX yang pertama adalah rajin merestart PABX secara berkala. Adapun restart secara berkala ini ditujukan guna mengecek apakah perangkat tersebut masih bekerja dengan baik dan normal apa tidak.

Di samping itu juga dapat Anda digunakan untuk menjaga agar perangkat PABX yang Anda miliki dapat lebih awet. Pasalnya, dengan merestart PABX maka akan mengurangi seandainya saja ada program yang bermasalah pada peralatan PABX tersebut.

2. Periksa Konektivitas Jaringannya

Tips yang selanjutnya untuk merawat PABX adalah dengan rajin memeriksa mengecek koneksi jaringan. Hal ini bertujuan guna memastikan bahwa perangkat PABX Anda masih dapat bekerja dan berfungsi dengan baik.

3. Mengganti Kabel yang Rusak

Tips merawat perangkat PABX agar awet yang ketiga adalah dengan mengganti jika ada kabel yang rusak. Hal ini perlu Anda lakukan agar PABX terhindar dari risiko kebakaran karena adanya korsleting listrik.

Selain itu, mengganti kabel yang rusak juga dapat menjaga perangkat PABX dari kberbagai kerusakan yang tidak diharapkan. Dengan cara ini, peralatan PABX Anda akan lebih awet dan tidak gampang rusak.

4. Menggunakan Stavolt

Berikutnya, tips merawat PABX yang juga sangat penting adalah menggunakan stavolt. Terlebih lagi jika listrik di tempat Anda sering tidak stabil. Adapun stavolt ini sangat berguna untuk menstabilkan arus listrik ke PABX sehingga ketika listrik tiba-tiba turun, perangkat PABX yang Anda miliki akan tetap baik-baik saja.

5. Menggunakan UPS

Selain menggunakan stavolt, Anda juga disarankan untuk memakai UPS atau Uninterruptible Power Supply. Sesuai dengan namanya, UPS merupakan sebuah perangkat untuk memback-up listrik ketika perangkat elektronik kehilangan energi dari sumber utamanya.

Dalam penggunaan PABX, perangkat UPS ini akan sangat berguna dalam mencegah terjadinya kerusakan PABX yang diakibatkan karena adanya pemadaman listrik secara mendadak.

Agar lebih optimal, sebaiknya Anda hanya menggunakan UPS tersebut untuk memback-up perangkat PABX, dan jangan digunakan bersamaan dengan perangkat lainnya misalnya PC atau komputer.

Selain itu, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda juga melengkapinya dengan sistem penangkal petir, sehingga PABX dan perangkat elektronik lainnya tetap aman dari bahaya petir khususnya di musim hujan.

6. Bersihkan PABX secara Rutin

Tips merawat perangkat PABX agar awet dan tidak mudah rusak yang terakhir adalah dengan rajin membersihkannya secara rutin. Pastikan perangkat PABX Anda senantiasa terbebas dari kotoran dan debu.

Untuk membersihkan PABX, sebaiknya jangan menggunakan cairan pembersih agar tidak merusak permukaan PABX tersebut. Demi keamanan, Anda bisa mengelap permukaan PABX dengan kain lap yang lembut.

Selain itu, sebaiknya Anda meletakkan PABX di tempat yang sejuk, aman dan tidak terpapar suhu panas sehingga performa perangkat PABX akan terjaga.