Monday , July 22 2024
Deretan Aksi NFT untuk Amal dari AC Milan hingga Ayobantu

Deretan Aksi NFT untuk Amal: dari AC Milan hingga Ayobantu.com

Berkembangnya teknologi modern membuat model donasi menjadi bermacam-macam. Belakangan, event donasi online dengan menggunakan aset digital seperti NFT semakin diminati di Indonesia. Bahkan, semenjak viral Ghazali dengan karya NFT yang unik, semakin banyak orang yang mengerti kegunaan aset digital yang satu ini.

Deretan aksi NFT untuk amal menunjukkan betapa bagusnya aset digital ini sebagai sarana donasi di masa kini dan mendatang. NFT dinilai aman dan mudah dipindahtangankan, dibanding menggunakan barang lelang yang berpotensi hilang.

Melansir dari banyak sumber, ada banyak aksi yang menggunakan NFT untuk amal. Ini dia beberapa perusahaan yang menggunakan NFT untuk amal.

1. Coca-Cola

Salah satu perusahaan besar, Coca-cola ,menggelar aksi NFT untuk amal dengan merilis koleksi token NFT guna menggalang dana bagi Special Olympics International. Ini adalah organisasi olahraga yang punya visi mengakhiri diskriminasi terhadap penyandang disabilitas intelektual.

Di tahun 2021, Pasar OpenSea mengadakan lelang tiga hari untuk NFT merek Coca-Cola. Nah, koleksi NFT tersebut sendiri dibuat oleh desainer digital, Tafi.

2. Kla Project X Pinot

Grup Band Indonesia, Kla Project bekerja sama dengan seniman internasional, Pinot, dalam pembuatan NFT untuk mendanai kegiatan amal. Project ini diadakan pada April 2022 kemarin.

Pinot sendiri adalah seorang seniman pixel art Indonesia yang bekerja pada perusahaan agensi pemasaran digital New York, VaynerMedia.

3. AC Milan

Pada April 2022 lalu, klub sepak bola AC Milan menggandeng BitMex untuk meluncurkan NFT. Sebanyak 75.817 unit NFT yang terjual kemudian akan disumbangkan ke badan amal, Fondazione Milan.

Jumlah NFT tersebut ternyata disesuaikan dengan kapasitas home ground Stadion San Siro. Nah, NFT tersebut mengandung gambar 3D Jersey yang ditemukan di Sudan Selatan.

4. Freddie Mercury

Pada tahun 2021, empat karya NFT yang terinspirasi dari mendiang mantan vokalis Queen, Freddie Mercury, diluncurkan untuk lelang amal. Aksi ini dilakukan guna memperingati ulang tahun mendiang Freddie Mercury yang ke-75.

Hasil lelang kemudian disumbangkan ke The Mercury Phoenix Trust. Ini adalah badan amal khusus AIDS, yang didirikan oleh anggota Band Queen sendiri.

5. Jack Dorsey

Pada tahun 2021, pendiri twitter, Jack Dorsey, melelang NFT berupa twit pertamanya untuk amal. Pembeli NFT tersebut adalah Sina Estavi, yang berhasil mengamankan dengan harga Rp41 miliar atau 2,9 juta USD.

Ternyata, bertahun-tahun setelah kejadian tersebut, Sina Estavi berniat melelang kembali NFT Jack Dorsey. Sayangnya, harga lelangnya hanya laku di angka Rp89 juta atau 6200 USD.

6. Museum Sejarah Meta Ukraina

Tim pengembang Meta History merilis proyek museum berisi koleksi NFT bertemakan perang Ukraina. Lewat proyek tersebut, terkumpul setidaknya Rp18 Miliar atau setara 1,2 USD.

Program dana amal tersebut berjudul “Aid For Ukraina” yang diinisiasi oleh Kementrian Transformasi Digital Ukraina bersama platform kripto Kuna. Rencananya, dana sumbangan proyek NFT tersebut akan dipakai untuk membantu angkatan bersenjata Ukraina.

7. Winamp

Generasi zaman old tentu pernah kenal dengan Winamp, software pemutar musik di komputer dengan tools yang sangat lengkap. Nah, ternyata perusahaan Winamp sendiri menjual NFT di bulan Maret 2022 untuk tujuan amal.

The Winamp NFT Initiative digagas oleh para musisi untuk menggalang dana demi kepentingan amal. 80 persen penghasilan dari penjualan NFT ini sedianya masuk ke Winamp Foundation. Sementara itu, hanya 20 persen yang akan dibayarkan pada para seniman.

8. Lindsay Lohan

Lindsay Lohan menjual NFT karya pertamanya sejak Februari 2021. Lindsay mencetak lebih banyak NFT dan memberikan hasilnya untuk keperluan amal. Seiring berjalannya waktu, Lindsay kemudian merilis kembali single terbarunya, Lullaby, dalam bentuk NFT.

9. Paris Hilton

Sebagai artis senior, rupanya Paris Hilton sudah ikut investasi kripto sejak tahun 2016. Wanita berusia 40 tahun ini mulai berinvestasi NFT pada tahun 2019.

Bekerjasama dengan desainer ternama, Paris Hilton pun menjual NFT miliknya pada tahun 2020 untuk kepentingan amal.

10. Ayobantu.com

Ayobantuplatform donasi online di Indonesia, sempat menyelenggarakan aksi lelang menggunakan lukisan karya Yenny Wahid hingga terkumpul ratusan juta rupiah.

Ayobantu

Bagi user yang tertarik berdonasi atau menyelenggarakan lelang NFT dengan pembayaran kripto, akan difasilitasi dengan website yang bisa melakukan tracking pembayaran secara real time dan tentunya aman. Campaign NFT untuk amal yang dilakukan oleh Ayobantu dan Indodax untuk Wahid Foundation akan digunakan untuk memajukan pendidikan di Pondok Pesantren Programmer Qoryatussalam.

Jadi, bagaimana? Apa kamu tertarik untuk melakukan penggalangan dana dengan NFT untuk amal? Yuk, beramal sekarang juga!