Monday , May 20 2024
Harga Vaksin Influenza

Harga Vaksin Influenza di Rumah Sakit dan Puskesmas Terbaru

Harga Vaksin Influenza di Rumah Sakit dan Puskesmas Terbaru. Perubahan cuaca mengakibatkan kondisi tubuh menurun. Hal tersebut mengakibatkan virus mudah menyerang tubuh kita. sehingga tubuh kita rentan terhadap berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yang sering menjadi masalah bagi keluarga yaitu virus influenza.

Apa Itu Vaksin Influenza?

Imunisasi influenza adalah prosedur pemberian vaksin untuk melindungi individu dari infeksi virus influenza atau flu. Ini adalah salah satu langkah paling efektif dalam mencegah penyakit dan penyebarannya. Mari kita bahas beberapa aspek penting tentang imunisasi influenza secara detail:

Vaksin influenza adalah vaksin yang bisa melindungi seseorang dari serangan penyakit flu. Tidak serta-merta menjadi kebal, tapi dengan menerima vaksin ini, risiko serta tingkat keparahan penyakit flu dapat ditekan.

Sama seperti vaksin lainnya, vaksin influenza berisi virus influenza yang telah mati atau dilemahkan. Cara kerjanya pun sama seperti vaksin lainnya, yaitu virus yang dilemahkan dimasukkan ke dalam tubuh agar sistem imun dapat mengenali virus tersebut lebih dulu sebelum tubuh terinfeksi virus aktifnya.

Setelah virus influenza dikenali, antibodi pun akan terbentuk sehingga tubuhmu sudah jauh lebih siaga saat virus asli yang aktif nantinya masuk ke dalam tubuh. Dengan begitu, kamu pun dapat terhindar dari gejala berat flu yang dapat membahayakan tubuh.

Vaksin influenza sendiri sebaiknya diberikan setiap satu tahun sekali. Hal ini dikarenakan virus influenza merupakan virus yang banyak sekali jenisnya dan kerap bermutasi. Oleh karena itu, vaksin influenza sebaiknya dilakukan tiap setahun sekali untuk beradaptasi dengan virusnya yang kerap bersifat harian, musiman, dan bermutasi menjadi varian baru.

Virus influenza adalah penyebab umum penyakit pernapasan yang menular, yang sering terjadi di musim dingin dan awal musim semi.

Jenis Virus Influenza

Ada tiga jenis utama virus influenza: A, B, dan C. Virus tipe A dan B yang paling sering menyebabkan wabah flu yang parah.

Tujuan Imunisasi Influenza

Melindungi individu dari infeksi virus influenza.

Mengurangi risiko komplikasi serius yang terkait dengan flu, terutama pada kelompok rentan seperti anak-anak kecil, lansia, dan individu dengan kondisi medis yang melemahkan.

Jenis Vaksin Influenza

Vaksin influenza tersedia dalam beberapa formulasi, termasuk suntikan intramuskular dan vaksin semprot hidung.

  • Vaksin trivalen melindungi dari dua jenis virus influenza tipe A dan satu jenis virus influenza tipe B.
  • Vaksin kuadrivalen melindungi dari dua jenis virus influenza tipe A dan dua jenis virus influenza tipe B.

Imunisasi influenza disarankan setiap tahun, idealnya sebelum awal musim flu. Karena virus influenza sering berubah, perlindungan dari vaksin tahun sebelumnya mungkin tidak cukup efektif untuk melindungi dari virus yang beredar pada musim flu berikutnya.

Efek samping umum dari vaksin influenza termasuk nyeri di tempat suntikan, sedikit demam, atau nyeri otot. Efek samping serius sangat jarang terjadi.

Individu dengan risiko lebih tinggi komplikasi akibat influenza, seperti anak-anak kecil, lansia, wanita hamil, dan individu dengan kondisi medis yang melemahkan, sangat dianjurkan untuk mendapatkan imunisasi influenza setiap tahun.

Ada beberapa kondisi di mana vaksinasi influenza mungkin tidak aman, seperti alergi berat terhadap salah satu bahan vaksin atau riwayat reaksi alergi yang parah terhadap vaksin influenza sebelumnya.

Meskipun tidak 100% efektif, imunisasi influenza dapat mengurangi risiko terkena flu dan juga dapat mengurangi keparahan penyakit jika seseorang terinfeksi.

Imunisasi influenza bukan hanya untuk melindungi individu, tetapi juga berperan dalam melindungi masyarakat secara keseluruhan dengan mengurangi penyebaran virus influenza.

Harga Vaksin Influenza

Harga vaksin influenza bervariatif tergantung dari rumah sakit yang memberikan vaksin. Namun disini akan kami berikan harga vaksin imunisasi di rumah sakit umum dan menengah kebawah.

1. Harga Vaksin Influenza Bayi

Harga vaksin influenza untuk bayi di Rumah Sakit: Rp165.000 – Rp290.000

2. Harga Vaksin Influenza Anak

Lokasi VaksinHarga
PuskesmasRp150.000
Rumah SakitRp350.000
Klinik (Trivalent)Rp165.000 – Rp210.000
Klinik (Quadrivalent)Rp240.000 – Rp290.000

3. Harga Vaksin Influenza Dewasa

Lokasi VaksinHarga
PuskesmasRp150.000
Rumah SakitRp385.000
Klinik (Trivalent)Rp180.000 – Rp220.000
Klinik (Quadrivalent)Rp280.000 – Rp350.000

Harga imunisasi influenza diatas tidak bisa dijadikan patokan bila berada didaerah lain, namun secara umum harga tersebut bisa dijadikan patokan saat melakukan imunisasi buah hati anda.

Simak Juga:

Dengan memahami pentingnya imunisasi influenza dan mengikuti pedoman yang disarankan oleh ahli kesehatan, kita dapat membantu melindungi diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita dari flu yang berbahaya.