Inilah 4 Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Inilah Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Dewasa ini, tidaklah sulit untuk mendapatkan infomasi dan berita terkini di internet. Anda bisa melakukannya melalui laptop, bahkan ponsel di genggaman tangan Anda. Beragam informasi menarik bisa Anda baca, mulai dari dunia politik, bisnis, ekonomi, hiburan, tekno, otomotif, gaya hidup hingga kesehatan, dan lainnya.

Berbicara masalah kesehatan, ada banyak bahan makanan yang dapat memberikan dampak baik untuk kesehatan tubuh manusia, salah satunya adalah dengan mengonsumsi ikan salmon.

Sudah diakui bahwa ikan salmon merupakan salah satu ikan dengan kandungan gizi yang sangat tinggi sehingga bagus untuk dikonsumsi. Ikan dengan warna kemerahan serta memiliki tekstur yang lembut ini menjadi salah satu sumber asam lemak omega-3 hingga protein dengan kualitas tinggi yang rendah merkuri.

Kandungan Gizi Ikan Salmon

Ikan salmon memanglah memiliki kandungan gizi dan nutris yang sangat tinggi. Perlu Anda ketahui, pada 100 gram ikan salmon mentah terdapat 140 kalori dan beragam nutrisi lainnya, mulai dari 20 gram protein; 6,4 gram lemak; 25 mikrogram folat; 30 miligram magnesium; 480–500 miligram kalium; 0,6 miligram zinc; hingga 36,5 mikrogram selenium.

Bahkan lebih dari itu, ikan salmon juga kaya akan asam amino dan lemak sehat, sebut saja asam lemak omega-3 (EPA dan DHA), dan juga aneka gizi lainnya seperti vitamin A, vitamin B, vitamin D, zat besi, kalsium hingga fosfor.

Beragam Manfaat Ikan Salmon bagi Kesehatan

Mengingat tingginya kandungan gizi dan nutrisinya, maka tidak mengejutkan jika ikan salmon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat ikan salmon untuk kesehatan yang pertama adalah membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Anda bisa mendapatkan manfaat ini dengan cara rutin menonsumsi ikan salmon.

Sebab, ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3 sehingga mampu mengurangi terjadinya peradangan serta mencegah adanya penumpukan plak pada aterosklerosis atau dinding pembuluh darah jantung.

Lebih dari itu, kandungan asam lemak omega-3 tersebut juga dapat membantu dalam menurunkan kadar trigliserida yang ada di darah serta menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

2. Mendukung Kesehatan & Fungsi Otak

Selanjutnya, ikan salmon juga akan mendukung kesehatan serta fungsi otak sehingga lebih optimal. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan asam lemak omega-3 dan antioksidan yang dapat membantu dalam memelihara kesehatan dan fungsi otak. Nutris yang ada pada iakn salmon tersebut mampu meningkatkan daya ingat serta kemampuan konsentrasi hingga mencegah kepikunan atau demensia khususnya pada lansia.

Di samping itu, kandungan omega-3 juga yang tinggi tersebut juga sangat baik dalam menunjang pertumbuhan serta perkembangan otak pada janin, bayi, hingga anak-anak.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat ikan salmon untuk kesehatan yang ketiga adalah turut menjaga kesehatan tulang. Pasalnya, ikan salmon memiliki beragamkandungan gizi seperti kalsium, vitamin D, selenium, hingga protein yang mempunyai peran penting dalam menjaga kesehatan serta kekuatan tulang, sehingga dapat meminimalisir terjadinya osteoporosis.

4. Mencegah & Meringankan Gejala Depresi

Manfaat ikan salmon yang berikutnya adalah membantu dalam mencegah, meminilisir serta meringankan gejala depresi dan kecemasan. Adanya kandungan minyak serta omega-3 di dalam ikan salmon, ternyata mampu membantu dalam memperbaiki suasana hati.

Agar Anda bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal, pastikan Anda memasak ikan salmon dengan baik dan benar, misalnya saja dengan dengan merebus, memanggang, atau membakarnya.

Itulah beragam manfaat ikan salmon untuk kesehatan yang mungkin saja belum Anda ketahui. Jika Anda ingin mendapatkan informasi terkini dan berita hari ini lainnya, maka Anda bisa mengunjungi triznesia.com.