Harga Jasa Ekspor Barang Via Laut dan Udara

Perbandingan Harga Jasa Ekspor Barang Via Laut dan Udara

Sobat sebagai seorang pengusaha atau pebisnis skala internasional tentu saja senantiasa berharap bahwa bisnis sobat berjalan dengan lancar. Sehingga dalam aktivitas mengirim barang ke luar negeri (ekspor), sobat disarankan untuk menggunakan jasa kepabeanan yang menerapkan biaya jasa custom clearance ekspor murah serta terjangkau.

Dengan menggunakan jasa ekspor yang tepat, maka harapan sobat tersebut akan dapat terwujud dengan mudah dan sesuai kebutuhan.

Rute Pengiriman Barang Ekspor Menggunakan Jasa Custom Clearance

Secara umum, ada dua jalur pilihan ketika sobat akan mengirim barang ke luar negeri. Yakni menggunakan kapal (via laut) dan pesawat (via udara).

Untuk memilih jalur mana yang hendak sobat pakai dalam kegiatan ekpsor, maka ada baiknya jika sobat mempertimbangkan beberapa hal mulai dari biaya custom clearance, ukuran kargo, hingga durasi pengiriman sampai ke tempat tujuan.

Beberapa hal yang dapat Anda jadikan pertimbangan untuk memilih jalur pengiriman barang antara lain yakni,

1. Pengiriman Barang Ekspor Via Laut

Pengiriman Barang Ekspor Via Laut

Jika sobat hendak megirim barang dalam jumlah atau ukuran kargo besar serta menghendaki durasi pengiriman yang standar, maka jalur ekspor via laut menjadi pilihan yang tepat untuk sobat.

Kira-kira daftar biayanya akan seperti di bawah ini (hanya estimasi saja).

A. Biaya Layanan Custom Clearance Kapal

Pertama, sobat akan dikenai dengan biaya layanan custom clearance via laut . Di mana biaya ini akan dipengaruhi oleh jenis dan berat kargo yang sobat pakai. Misalnya saja jika sobat menggunakan Less Container Load (LCL), maka jasa barang dengan berat 1 – 3 ton akan dikenakan tarif antara Rp. 450.000 – 600.000.

Sementara itu, jika sobat memilik jenis kargo Full Container Load (FCL), harga jasanya dipatok sekitar Rp. 1.800.000 untuk ukuran 20 feet, dan Rp. 1.950.000 untuk ukuran 40 feet.

Dari sini sobat bisa menghitung secara kasar dan menentukan jenis kargo yang sobat butuhkan.

B. Biaya Pengangkutan

Selanjutnya sobat juga akan dikenakan biaya pengangkutan (trucking) jika sobat memutuskan untuk memanfaatkan layanan ini. Di mana besarnya biaya untuk jasa pengangkutan ini sekitar Rp. 650.000 untuk jenis kargo LCL dengan berat 1 – 3 ton. Jika ada penambahan kargo, maka akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 200.000 per 100 kg.

Sementara itu, untuk kargo jenis FCL 20 feet, sobat akan dikenakan tarif jasa pengangkutan sebesar Rp. 1.750.000, dan untuk FCL 40 feet sebesar Rp. 1.900.000.

C. Biaya Kartu Ekspor

Untuk kargo jenis FCL biasanya disediakan jasa pembuatan kartu ekspor (export card). Kartu ini merupakan salah satu dokumen penting dalam kegiatan ekpsor yang berguna agar barang yang hendak soabt kirim ke luar negeri bisa lolos dari tahapan pemeriksaan kepabeanan, sehingga dapat berlayar ke luar negeri.

Adapun besarnya biaya pembuatan kartu ekspor untuk FCL 20 feet adalah Rp. 350.000. Sementara itu, untuk FCL 400 feet akan dikenakan tarif sebesar Rp. 450.000

2. Pengiriman Barang Ekspor Via Udara

Pengiriman Barang Ekspor Via Udara

Sebaliknya, apabila sobat hendak mengirim kargo dalam ukuran sedang dan menginginkan durasi pengiriman yang cepat, maka sobat sangat disarankan untuk menggunakan jalur ekspor via udara.

Berikut ini estimasi biaya yang nantinya sobat keluarkan untuk pengiriman barang lewat jalur udara.

A. Biaya Custom Clearance Pesawat

Barang yang hendak sobat kirim dan masalah kepabeanan ekspor melalui jalur udara akan ditangani dengan baik oleh jasa ini. Adapun biaya untuk pengangkutan kargo mulai dari Rp. 450.000 setiap 100 kg. Sobat akan dibebani biaya tambahan jika ada penambahan, yakni Rp. 2.000 per kg.

B. Biaya Pengangkutan

Di saat barang yang sobat kirim sampai di tempat tujuan, maka sobat juga bisa memanfaatkan layanan pengakutan (trucking) dari bandara. Adapun layanan trucking ini biasanya sobat akan dikenakan tarif sebesar Rp. 550.000 per 100 kg-nya. Dan apabila pengiriman sobat melebihi 1 ton, maka sobat akan diknakan biaya tambahan senilai Rp. 2.000 per kg.

C. Biaya Rush Handling

Dalam kasus tertentu, misal sobat menghendaki durasi custom clearance dan pengiriman yang lebih cepat, maka sobat dapat menggunakan layanan rush handling. Adapun tarif untuk layanan ini sekitar Rp. 200.000 per kargonya.

Itulah beberapa biaya custom clearance yang dibutuhkan pada proses ekspor. Semoga saja dengan memahami hal-hal di atas, sobat semakin mudah dalam menentukan pilihan jalur ekpsor yang tepat, sehingga sobat bisa mendapatkan biaya atau harga ekspor yang lebih terjangkau.