Ketahui 5 Tips Menjaga Kesehatan Tulang bagi Anda yang Sudah Lewat 30 Tahun

Tips Menjaga Kesehatan Tulang bagi Anda yang Sudah Lewat 30 Tahun

Keleluasaan bergerak setelah mencapai usia paruh baya adalah sebuah berkah tersendiri. Karena salah satu penyakit paruh baya yang banyak menyerang adalah osteoporosis dan radang sendi. Untuk mendapatkan hal tersebut sebaiknya kesehatan tulang dijaga semenjak awal 30an.

Mengapa demikian? Pasalnya, mulai usia 30 kepadatan tulang mulai berkurang sedikit demi sedikit, walaupun sel tulang masih terus melakukan regenerasi.

Kepadaan tulang yang terus menurun ini juga memberi risiko yang lebih besar. Selain osteoporosis, tulang yang rapuh akan mudah cedera. Bahkan tidak menutup kemungkinan muncul penyakit tulang yang lain seperti kanker tulang.

Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Sebagai penyokong tubuh dan alat gerak utama, tulang ditakdirkan untuk sering digunakan. Semakin sering tulang digerakkan maka regenerasinya akan semakin tinggi dan penurunan kepadatannya juga semakin kecil.

Setelah Anda berusia 30 tahun, inilah hal-hal mudah yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang:

1. Melakukan Angkat Beban

Salah satu latihan untuk menguatkan tulang adalah angkat beban. Ternyata selain berguna untuk membentuk dan mengatkan otot angkat beban juga terbukti dapat menguatkan tulang. Untuk para wanita yang khawatir menjadi terlalu berotot, Anda dapat melakukannya dengan penyesuaian beban yang diangkat.

Juga tidak perlu terlalu sering melakukan sesi pelatihan ini. Latihan ini bisa Anda lakukan 2 – 3 kali seminggu, dengan beban yang disesuaikan. Tidak perlu memaksakan diri menggunakan beban terlalu berat.

2. Menjaga Berat Badan

Cara menjaga kesehatan tulang yang kedua adalaha dengan menjaga berat badan. Seiring dengan bertambahnya usia, metabolisme tubuh akan melambat, yang akan menyebabkan seseorang lebih cepat gemuk sekalipun porsi makan tidak berubah.

Berat badan yang terus bertambah akan memberi beban berlebih pada tulang. Selain itu lemak yang menempel pada berbagai organ juga dapat menyebabkan peradangan pada sendi. Dan sedikit demi sedikit akan melemahkan tulang.

Itulah sebabnya pola makan dan olahraga harus disesuaikan dengan usia agar berat badan tetap ideal dan tulang tidak terbebani berlebihan.

3. Meningkatkan Asupan Kalsium & Vitamin D

Cara selanjutnya untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang adalah dengan meningkatkan asupan kalsium dan mencukupi kebutuhan vitamin D. Pasalnya, kalsium dan vitamin D merupakan dua elemen yang bekerja sama untuk menjaga kesehatan tulang.

Adapun kalsium merupakan elemen pembentuk tulang yang paling utama. Sedangkan vitamin D adalah bahan bakar yang membantu penyerapan kalsium menjadi lebih optimal. Kalsium dan vitamin D bisa diperoleh dari asupan makanan harian.

Atau jika dirasa kurang, Anda bisa menambahnya melalui suplemen, misalnya CDR orange. Jangan lupa berjemur untuk mengaktivasi vitamin D dalam tubuh.

4. Tidur dengan Durasi yang Cukup & Nyenyak

Orang dewasa pada umumnya membutuhkan waktu sekitar 7 – 9 jam sehari untuk tidur. Waktu tidur ini akan dimanfaatkan oleh tubuh untuk memperbaiki diri, termasuk meredakan stres, dan juga memperbaiki sel tulang. Kurang tidur juga bisa menyebabkan gangguan pada tulang.

Selain itu, tidur yang berkualita dengan durasi yang cukup juga akan meningkatkan kesehatan tubuh secara umum. Jika Anda mengalami insomnia, cobalah untuk berolahraga agar kualitas tidur menjadi lebih baik.

5. Tidak Merokok

Cara yang terakhir untuk menjaga kesehatan tulang adalah dengan berhenti merokok. Zat-zat dalam rokok memang banyak menyebabkan kerusakan pada tubh, mulai dari gangguan paru-paru, memicu serangan jantung, masalah reproduksi.

Bahkan, ternyata rokok dapat memicu pengeroposan pada tulang. Nikotin pada rokok akan mempercepat penurunan kepadatan pada tulang Anda. Untuk itu, sebaiknya Anda segera berhenti merokok agar kesehatan tulang Anda tidak terganggu.

Itulah beberapa hal mudah yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tulang Anda setelah usia 30 tahun. Tulang yang sehat akan membuat Anda tetap leluasa beraktivitas saat usia tua.