Saturday , June 22 2024
Tips Memilih Mesin Serbaguna Terbaik

Tips Memilih Mesin Serbaguna Terbaik

Seperti diketahui, mesin serbaguna banyak dimanfaatkan di bidang industri. Ini karena mesin serbaguna dinilai sangat fleksibel dengan teknologi yang ditawarkan. Adapun mesin ini membuat pekerjaan jadi lebih hemat waktu sehingga meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil kerja.

Salah satu pilihan mesin serbaguna yang bisa kamu pilih adalah Honda GP160. Adapun mesin serbaguna dari merk Honda ini punya daya 5,5 HP yang cocok digunakan untuk berbagai sektor mulai dari konstruksi, perkebunan sampai pertanian. Lalu pertanyaannya bagaimana memilih mesin serbaguna agar bisa menemukan produk yang tepat?

Memilih Mesin Serbaguna

Berikut beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan saat ingin cari mesin serbaguna.

1. Tentukan Tujuan Penggunaan

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah menentukan tujuan penggunaan mesin terlebih dahulu. Karena seperti diketahui, mesin serbaguna terdiri dari berbagai tipe dan seri bahkan merek. Jadi pastikan kamu menentukan tujuan secara jelas agar bisa memilih mesin yang tepat.

Adapun mesin serbaguna seperti namanya bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan mulai dari pertanian, perkebunan sampai konstruksi dan juga kegiatan lainnya. Dengan memahami tujuan penggunaan maka kamu juga dapat memilih mesin dengan kebutuhan yang lebih spesifik.

2. Daya dan Torsi yang Dihasilkan

Penting juga bagi kamu untuk memilih produk mesin serbaguna dengan memperhatikan daya dan torsi yang dihasilkan oleh mesin itu sendiri. Karena daya dan torsi adalah faktor penting untuk menentukan kemampuan mesin saat menjalankan tugasnya. Pastikan kamu memilih mesin dengan daya dan torsi yang cukup untuk melakukan pekerjaan.

Ini agar kamu tidak perlu keluar biaya operasional yang tinggi. Selalu cek pula efisiensi bahan bakar mesin agar tidak boros.

3. Pilih Mesin dengan Tipe Sesuai Kebutuhan

Saat memilih mesin serbaguna, pastikan kamu memilih mesin sesuai dengan tipe yang dibutuhkan. Karena meski mesin serbaguna terdiri dari berbagai variasi pastinya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mesin serbaguna juga menggunakan bahan bakar bervariasi ada yang berasal dari bensin, diesel ada juga yang menggunakan bahan bakar gas alam.

Saat memilih mesin serbaguna, maka pastikan faktor ketersediaan bahan bakar di sekitar kamu. Lalu perhatikan pola kebutuhan spesifik dari tipe mesin apakah sudah tepat apa belum sesuai kebutuhan.

4. Berdasarkan Dudukan dan Putaran Crankshaft

Saat memilih mesin serbaguna kamu juga perlu perhatikan dudukan dan putaran crankshaft. Karena kedua komponen ini jadi patokan apakah mesin serbaguna yang dipilih mudah dihubungkan dengan aksesoris tambahan atau tidak. Pastikan komponen putaran crankshaft sudah sesuai dengan peralatan yang digunakan bersama mesin agar penggunaan mesin jadi lebih mudah.

Spesifikasi Honda GP160

Dikenal dengan mesin Honda GP160,  yang merupakan mesin serbaguna yang cukup memadai untuk berbagai macam peralatan. Adapun mesin ini memiliki keunggulan yaitu performa dan efisiensinya yang sangat bagus karena memang dirancang dengan sistem pembakaran yang terbilang efisien.

Mesin serbaguna ini mampu menghasilkan tenaga optimal sementara penggunaan bahan bakarnya relatif sedikit. Jadi bisa dibilang mesin Honda ini dapat menghemat biaya operasional, karena sangat hemat bahan bakar. Mesin serbaguna ini juga punya desain yang kompak jadi bobotnya cukup ringan sehingga mudah dipindahkan ke mana saja dan sekaligus juga mudah dioperasikan. Mesin ini juga sudah dilengkapi dengan sistem pengaturan kecepatan, yang sangat mudah digunakan. Jadi kamu bisa memanfaatkan mesin dengan mengatur kecepatan sesuai kebutuhan spesifik tugas yang akan kamu lakukan.

Saat membeli produk mesin serbaguna ini di dealer resmi maka kamu akan mendapatkan garansi 1 tahun. Untuk pembuatan mesin, sudah pasti berkualitas dan dijamin untuk penggunaan jangka panjang. Selain hemat bahan bakar mesin serbaguna ini juga hemat konsumsi oli.

Spesifikasi Mesin

  • Mesin Honda OHV Komersial
  • 4 kW (5.5 HP) 3600 RPM
  • Isi silinder 163 cm3
  • Tipe mesin 4 stroke, overhead, Valve, single cylinder, inclined by 25 derajat
  • Diameter x langkah 680.0 x 45.0 mm
  • Rasio Kompresi 8.5 : 1
  • Tenaga Output Kotor 4kW
  • Tenaga Output Bersih 3.6 kW
  • Torsi maksimum 10.3 N.m
  • Kapasitas tangki bahan bakar 3,1 liter Gasoline Oktan 86 or higher
  • Kapasitas oli 0,58 liter SAE 10W
  • Berat bersih  14,9 kg

Tips Merawat Mesin Serbaguna

Setelah mengetahui apa saja tips memilih mesin serbaguna, kamu juga perlu tahu apa saja tips perawatan agar mesin ini bisa awet.

  • Tentu saja kamu harus membersihkan filter udara karena fungsi dari filter udara adalah sebagai penyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran. Kamu harus membersihkan filter udara setiap 100 jam pemakaian agar udara yang masuk terbebas dari kotoran.
  • Selain itu kamu juga harus bersihkan atau servis bagian karburator. Karburator sendiri punya fungsi menyuplai bahan bakar dan udara ke dalam blok silinder. Jika diservis secara berkala, dapat mempengaruhi performa mesin agar lebih stabil.
  • Kamu juga wajib mengganti busi mesin serbaguna secara berkala. Busi sendiri punya fungsi sebagai pemercik bunga api saat proses pembakaran. Busi sudah tidak bagus maka ganti dengan busi baru yang kualitasnya bagus.
  • Kamu juga perlu mengecek oli secara rutin agar performa mesin serbaguna tetap maksimal. Apalagi jika oli sudah hitam dan pekat maka wajib diganti agar performa tetap terjaga.
  • Selain itu, kamu juga perlu untuk mengecek tangki dan penyaring bahan bakar setiap 100 jam pemakaian. Pada tangki terdapat kebocoran maka wajib diperbaiki atau diganti dengan yang baru.

Itu tadi beberapa tips untuk memilih mesin serbaguna dan juga perawatannya. Kamu yang sedang cari produk mesin serbaguna untuk menggerakkan berbagai alat maka wajib beli di dealer resmi yaitu Honda Power Products Indonesia atau  kunjungi website www.hondapowerproducts.co.id.