4 Tips Memilih Jasa Arsitek yang Tepat untuk Rumah Impian Anda

Tips Memilih Jasa Arsitek yang Tepat untuk Rumah Idaman

Setiap orang pastinya memiliki rumah impiannya masing-masing. Ketika akan mewujudkan bayangan tersebut ke dalam realia, tentunya sangat banyak yang harus disiapkan dan dipertimbangkan.

Untuk memiliki rumah yang benar-benar sesuai dengan selera, memang sebaiknya membangun sendiri sejak awal. Kebanyakan orang berpikir hanya membutuhkan jasa kontraktor maka rumah impian Anda dapat terwujud. Namun ternyata Anda juga membutuhkan jasa arsitek untuk menuangkan ide dalam kepala Anda menjadi desain gambar yang dapat diwujudkan.

Desain dengan skala yang tepat dan juga gambar dalam bentuk 3D akan menjadikan proyek pengerjaan rumah impian Anda berjalan dengan lebih baik dan benar-benar sesuai dengan keinginan Anda.

Pembuatan desain ini sebaiknya dilakukan oleh jasa profesional, yaitu jasa arsitek. Masalahnya tidak semua jasa kontraktor sudah termasuk dengan jasa arsitek.

Tips Memilih Jasa Arsitek

Tips Memilih Jasa Arsitek

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan jasa arsitek yang tepat, terpercaya dan berpengalaman.

1. Mencari Referensi dari Orang Terdekat

Ketika Anda mencari secara online akan banyak sekali jasa arsitek bermunculan. Jika Anda bingung untuk memilih, lebih baik gunakan referensi orang-orang terdekat Anda. Misal saudara atau teman yang pernah menggunakan jasa arsitek dan hasilnya terbukti memuaskan.

2. Menanyakan kepada Jasa kontraktor yang Anda Gunakan

Jika Anda sudah terlebih dahulu memilih jasa kontraktor, ada baiknya tanyakan referensi jasa arsitek kepada jasa kontraktor tersebut. Dari sekian banyak proyek yang telah dikerjakan oleh jasa kontraktor tersebut, tentunya memiliki beberapa referensi jasa arsitek dan desain interior yang pernah bekerja sama dengannya.

Hal ini akan lebih memudahkan koordinasi karena keduanya pernah bekerja sama. Anda juga tidak perlu repot mencari dari awal dan mensurvey sekian banyak jasa di kota Anda.

Akan lebih baik lagi jika jasa kontraktor tersebut juga memiliki jasa arsitek. Seperti halnya Elano Konstruksi yang juga menyediakan Jasa Arsitek Rumah Tangerang terpercaya, yang memiliki banyak pengalaman.

3. Perhatikan Karya, Portfolio & Pengalaman

Jika Anda ternyata mendapatkan beberapa kandidat arsitek, maka Anda bisa mulai dengan melihat hasil karyanya terdahulu. Biasanya hasil karya yang pernah dikerjakan semacam ini terdapat dalam website resmi mereka.

Setiap arsitek tentunya memiliki spesifikasi dan juga style tersendiri. Dengan melihat hasil-hasil pekerjaannya, Anda dapat menilai kecocokan antara gaya desain arsitek tersebut dengan model rumah yang Anda inginkan.

Dari sekian banyak karya yang dihasilkan Anda pasti dapat menilai kecenderungan spesialisasinya. Semakin sesuai maka rumah impian Anda akan semakin sempurna pengerjaannya

Selain melihat hasil karya sebelumnya, Anda juga harus memperhatikan portofolio dari arsitek tersebut. Carilah seberapa banyak jam terbangnya dan juga seberapa banyak kliennya, serta apa saja proyek yang sudah dikerjakan. Semakin tinggi jam terbang seorang arsitek maka akan semakin baik dalam menuangkan ide rumah impian Anda ke dalam bentuk gambar.

Dengan mengetahui portofolio arsitek tersebut, Anda juga bisa mengetahui berapa kira-kira biaya desain yang harus Anda keluarkan. Dalam hal ini Anda juga sekaligus dapat berdiskusi mengenai anggaran pembangunan rumah impian Anda.

4. Jangan Menekan Biaya Berlebihan

Setelah menentukan jasa arsitek yang akan Anda gunakan. Pastikan Anda berdiskusi mengenai biaya jasa arsitek di awal pembicaraan. Sebelumnya Anda juga harus mencari info melalui internet ataupun orang yang Anda kenal terkait berapa umumnya harga jasa arsitek di kota Anda, agar tidak benar-benar buta.

Biasanya jasa arsitek akan menanyakan gambaran kasar mengenai desain rumah impian Anda kemudian menentukan range biaya. Jasa arsitek ini boleh saja Anda tawar, namun pastikan tidak berlebihan. Agar pengerjaan proyek rumah idaman Anda memang dikerjakan secara profesional.