Mencari Lowongan Kerja secara Online Lewat Jooble

Mencari Lowongan Kerja secara Online Lewat Jooble

Jika umumnya kita menggunakan mesin pencari (search engine) Google, Bing, Yahoo dan lainnya melalui browser Chrome, Firefox, atau Opera untuk mencari berbagai informasi atau hal umum di internet, maka Jooble bisa dipakai untuk hal yang lebih spesifik, yakni mencari lowongan pekerjaan.

Peran search engine seperti Jooble ini tentunya sangat dibutuhkan, terlebih di saat banyak orang yang terkena PHK karena pandemi Covid-19. Sebab pastinya, tidak sedikit orang yang mencari lowongan kerja karena ingin kembali aktif berkarier dan memiliki income rutin setiap bulan.

Di sisi lain, Jooble sendiri berkomitmen untuk terus menghadirkan berbagai lowongan pekerjaan kepada khalayak yang membutuhkan.

Jooble Indonesia

Melansir laman Jooble Indonesia, mereka mengatasnamakan diri sebagai mesin pencari yang mengkhususkan diri dalam pencarian lowongan kerja. Pencarian dilakukan di antara semua portal yang menawarkan lowongan pekerjaan di Indonesia.

“Mesin telusur kami mencari posting lowongan kerja di segenap situs lowongan kerja utama di Indonesia,” tulis Jooble pada situsnya.

Jooble menyaring posting lowongan pekerjaan yang sama secara otomatis. Cara ini membuat lowongan kerja yang serupa dari berbagai situs kerja, diperlihatkan sebagai satu posting saja. Filter ini aktif secara otomatis ketika user menggunakan fitur “Search”, yakni kolom “Posisi” dan “Kota, Bagian negara” yang ada pada saat situs pertama kali dibuka.

Cara kerja yang terbilang mudah ini sengaja dihadirkan karena Jooble memiliki tujuan khusus, yakni membantu setiap orang mencari pekerjaan, terlepas dari tempat tinggal, bahasa, agama, warna kulit atau keyakinan. Makanya, selain Indonesia, jaringan perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat (AS) ini juga mencakup banyak negara di benua Eropa, Amerika, Afrika, Oseania, dan Asia.

Selain itu, Jooble juga memberi kesempatan kepada siapapun untuk mendapat informasi terkait lowongan kerja. Hal ini dapat terlihat dari menu “Lowongan Pekerjaan Populer”. Di sana tercantum keterangan lulusan SMA, karyawan pabrik, tanpa ijazah, lulusan SMK, hingga operator produksi. Itu artinya, tidak hanya level sarjana atau lebih tinggi yang bisa mendapat informasi lowongan kerja di situs tersebut.

“Kami membuat alat sederhana dan intuitif untuk membantu setiap orang menemukan pekerjaan yang tepat, sesuai dengan keahlian, pengetahuan, tempat tinggal, atau kriteria relevan lainnya. Kami menghilangkan hambatan teknis (misalnya, klik mouse ekstra, kompleksitas teknis atau perantara yang tidak perlu) untuk kandidat dalam mencari pekerjaan baru,” tegas Jooble terkait cara mereka mencapai visi atau tujuannya.