Thursday , May 23 2024
Keunggulan Pinjaman Syariah yang Perlu Anda Ketahui

Inilah 5 Keunggulan Pinjaman Syariah yang Perlu Anda Ketahui

Selain terdapat bank konvensional, di berbagai negara juga ada bank syariah. Termasuk di Indonesia yang mayoritasnya masyarakatnya beragam Islam. Adapun salah satu produk atau layanan perbankan yang ada di dalam bank syariah di antaranya adalah pinjaman syariah.

Apa itu Pinjaman Syariah?

Perlu Anda ketahui, pinjaman syariah sejatinya merupakan pilihan pinjaman uang yang sangat aman, serta dijamin halal dan juga bebas riba. Pinjaman semacam ini sering kali juga dikenal dengan sebutan Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Umumnya, pinjaman syariah dikeluarkan oleh bank syariah, atau lembaga lainnya yang sudah terdaftar secara resmi, serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Beragam Keunggulan Pinjaman Syariah

Beragam Keunggulan Pinjaman Syariah

Terdapat berbagai keuntungan atau keunggulan dari pinjaman syariah yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

1. Halal & Sesuai Syariat Islam

Keuntungan pertama dari pinjaman syariah tentu saja proses dan sistemnya yang tdaik kanya halal, namun juga sesuai dengan hukum serta syariat Islam. Sehingga Anda tidak perlu ragu dan cemas, sebab dana atau pinjaman yang Anda terima bebas dari riba serta tidak menyelisihi syariat atau hukum islam. Bagi seorang muslim, pinjaman yang tidak mengandung riba dan tidak melanggar syariat islam merupakan sesuatu perkara yang sangat penting.

Tentu saja hal itu sangat berbeda jauh dengan pinjaman bank konvensional yang biasanya memberlakukan pembayaran bunga bagi peminjamnya. Maka tidak mengejutkan jika sebagian orang lebih nyaman memilih pinjaman syariah.

2. Risiko yang Minim

Keuntungan selanjutnya dari pinjaman syariah adalah minim risiko. Sebab, dengan melakukan pinjaman syariah, risiko yang Anda hadapi sangat lah ringan. Hal ini dikarenakana, lembaga keuangan dan perbankan syariah yang memberikan pinjaman biasanya akan bertanggung jawab atas 50% dari kerugiannya.

Meski demikian, Anda tidak boleh gegabah dan tetap harus memperhitungkannya dengan sebaik mungkin. Dengan demikian, proses pelunasan pinjaman syariah bisa berjalan dengan lancar tanpa ada risiko bagi Anda.

3. Proses Pencairan yang Mudah

Pinjaman syariah dikenal dengan proses pencairan dananya yang sangat mudah serta tidak rumit. Selain itu, plafon yang ditawarkan juga dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Di lembaga keuangan dan bank syariah tertentu, bahkan menyediakan fasilitas KTA syariah dengan nilai hampir Rp 100 juta.

4. Tidak Ada Sistem Bunga

Keuntungan yang berikutnya dari pinjaman syariah adalah tidak adanya sistem bunga. Sehingga Anda bisa menghindari praktik riba dalam mendapatkan dana pinjaman. Adapun pinjaman syariah itu sendiri biasanya akan menggunakan akad jual-beli.

Dengan akad tersebut, baik Anda maupun pihak bank syariah keduanya sama-sama mendapatkan keuntungan dengan cara yang halal, yakni transaksi transparan yang di syariatkan serta bebas riba.

5. Fasilitas Layaknya Pinjaman Konvensional

Keuntungan kelima dari pinjaman syariah adalah fasilitasnya seperti layaknya jika Anda melakukan pinjaman konvensional. Artinya, Anda akan mendapatkan kualitas pinjaman yang mudah, namun tetap sesuai dengan syariat dan hukum islam.

Demikianlah sedikit uraian mengenai pinjaman syariah yang tentu saja merupakan produk dari lembaga keuangan atau perbankan syariah. Dewasa ini sudah ada beragam lembaga keuangan dan bank syariah di Indonesia. Salah satunya adalah BPRS ALMASOEM.

Adapun BPRS ALMASOEM itu sendiri memiliki berbagai produk atau layanan yang bisa Anda manfaatkan. Mulai dari pinjaman syariah, pembiayaan syariah, tabungan syariah dan deposito syariah, hingga gadai emas syariah. Untuk informasi selengkapnya tentang BPRS ALMASOEM dan layananannya, Anda bisa mengunjungi website resminya di www.almasoembank.co.id.