Harga Ikan Cakalang Per KG Terbaru Desember 2018


Update Harga Ikan Cakalang Per KG Terbaru Minggu Ini

Daftar Harga Ikan Cakalang Per Kg Terbaru Bulan Ini. Berapakah harga terbaru dari ikan cakalang, ikan yang ikan berukuran sedang dari familia Skombride atau masih bersaudara dengan ikan tuna. Namun sebelum jauh kesana alangkah baiknya jika anda juga menyimak update harga terbaru ikan gurameh per kg dan bibit ikan gurameh hari ini.

HargaBulanini.com pada kesempatan berbahagia ini akan sedikit membahas harga terbaru ikan cakalang yang memang saat ini tengah digandrungi masyarakat, lantaran memang ikan yang satu ini bukan hanya enak dikomsumsi melainkan juga daya jualnya yang cukup ramai.

Ikan ini juga memiliki nama lainya seperti cakalan, cakang, kausa, kambojo, karamojo, turingan, dan ada pula yang menyebutnya tongkol, dalam bahasa Inggris dikenal sebagai skipjack tuna. Cakalang terbesar yang pernah tertangkap panjang tubuhnya saja bisa mencapai 1 m dengan berat lebih dari 18 kg.

Baca Juga: Update Daftar Harga Buah Parijoto Terbaru Bulan Ini

Ciri – Ciri Ikan Cakalang

Banyak sekali orang – orang membedakan ikan cakalang dan tuna, karena memang kedua ikan ini hampir sama persis. Berikut ini merupakan beberapa ciri khusus dari ikan cakalang, tentu agar membatu anda untuk tidak salah memilih mana cakalang dan mana tuna.

  • Tubuh berbentuk memanjang dan agak bulat (fusiform)
  • Sirip punggung pertama terdiri dari XIV-XVI jari-jari tajam
  • Sirip punggung kedua yang terdiri dari 14-15 jari-jari lunak, diikuti oleh 7-9 sirip tambahan berukuran kecil (finlet)
  • Sirip dubur berjumlah 14-15 jari-jari, diikuti oleh 7-8 finlet
  • Sirip dada pendek, dengan 26-27 jari-jari lunak
  • Di antara sirip perut terdapat dua lipatan kulit yang disebut taju interpelvis
  • Busur (lengkung) insang yang pertama memiliki 53-63 sisir saring
  • Bagian punggung berwarna biru keungu-unguan hingga gelap
  • Bagian perut dan bagian bawah berwarna keperakan, dengan 4 hingga 6 garis-garis berwarna hitam yang memanjang di samping badan.
  • Tubuh tanpa sisik kecuali pada bagian barut badan (corselet) dan gurat sisik
  • Pada kedua sisi batang ekor terdapat sebuah lunas samping yang kuat, masing-masing diapit oleh dua lunas yang lebih kecil

Harga Ikan Cakalang Per KG Terbaru

Harga saat ini masih cukup relative terjangkau, namun dibeberapa daerah harga ikan yang satu ini ada yang naik drastis. Ikan ini dijual dalam bentuk segar, beku, atau diproses sebagai ikan kaleng, ikan kering, atau ikan asap.

Jenis Ikan Cakalang
Harga
Ikan Cakalang Mentah Rp. 40.000
Ikan Cakalang Fufu/Asap Rp. 75.000

Cakalang merupakan salah satu sumber protein hewani dengan kandung omega-3 yang dibutuhkan tubuh. Sebagai komoditas yang dapat diekspor (exportable), cakalang turut berperan dalam ekonomi Indonesia. Sumberdaya cakalang dimanfaatkan oleh kalangan menengah ke atas.

Simak Juga:

Itulah tadi harga ikan cakalang per kg terbaru, perlu di ingat harga diatas sewaktu – waktu dapat berubah. Untuk itu kami menyarankan anda selalu mengikuti updatenya dilaman ini. Nah sebelum anda menutup laman ini, alangkah baiknya jika mengikuti update harga kacang bogor terbaru dan harga buah blackberry per kg terbaru minggu ini.

Advertisements



Loading...