Harga Bibit Bayam Terbaru November 2018


Harga Bibit Bayam Terbaru

Harga Bibit Bayam TerbaruSalah satu sayuran yang paling digemari oleh masyarakat adalah bayam. Bayam selain mudah didapatkan juga murah harganya. Iklim tropis di Indonesia sangat mendukung perkembangan sayuran yang satu ini. Harga sayuran bayam dan bibit bayam sangat jauh selisihnya. Artinya dengan bibit yang murah tetapi mampu menghasilkan bayam yang sangat banyak.

Bayam sebagai sayur hanya umum dikenal di Asia Timur dan Asia Tenggara, sehingga disebut dalam bahasa Inggris sebagai Chinese amaranth. Di Indonesia dan Malaysia, bayam sering disalahartikan menjadi “spinach” dalam bahasa Inggris (mungkin sebagai akibat penerjemahan yang dalam film kartun Popeye), padahal nama itu mengacu ke jenis sayuran daun lain – lihat Bayam (Spinacia).

Konsumen mengenal jenis bayam ada dua macam yaitu bayam petik dan bayam cabut. Bayam petik berdaun lebar dan tumbuh tegak besar (hingga dua meter) dan daun mudanya dimakan terutama sebagai lalapan (misalnya pada pecel, gado-gado), urap, serta digoreng setelah dibalur tepung. Daun bayam cabut berukuran lebih kecil dan ditanam untuk waktu singkat (paling lama 25 hari), lebih cocok untuk dibuat sup encer seperti sayur bayam dan sayur bobor. Bayam petik biasanya berasal dari jenis A. hybridus (bayam kakap) dan bayam cabut terutama diambil dari A. tricolor. Jenis-jenis lainnya yang juga dimanfaatkan adalah A. spinosus (bayam duri) dan A. blitum (bayam kotok).

Mengenal Jenis-jenis Bayam

BAYAM LIAR

Bayam ini tumbuh secara liar,  dapat dijumpal di lahan-lahan kosong tak terurus,  sebgai gulma di lahan pertanian,  atau di tempat-tempat yang lembap,  seperti di tepi selokan. Tanaman ini tumbuh cepat dan semakin subur jika musim hujan tiba.  Bayam ini dapat dikonsumsi,  tetapi rasanya agak getir sehingga lebih banyak digunakan sebgai obat atau bahan untuk kecantikan. Jenis bayam liar sebagai berikut :

a) Bayam tanah (A blitum L)

Mempunyai ciri utamanya terletak pada batang yang berwarna merah dan berduri, daunnya berbentuk lancip dan kecil.  Rasanya agak keras dan kasar.

b) Bayam berduri (A spinosus L)

Mempunyai ciri-ciri yang sama dengan bayam tanah,  yaitu daun kecil dan batang berwarna merah dan keras.  Batangnya berduri.

BAYAM BUDIDAYA

Jenis ini memang sengaja dibudidayakan untuk dikonsumsi karena rasa daunnya enak,  empuk,  dan mempunyai kandungan gizi yang tinggi. Jenis bayam budidaya di antaranya sebagai berikut :

a. Bayam cabut (A. tricolor L)

Bayam cabut disebut juga bayam sekul atau bayam putih.  Cirinya,  daun agak bulat dengan daging yang tebal dan lemas.  Bunga keluar dari bagian ketiak cabang, batang berwama hijau keputih-putihan sampai merah.  Dari warna batang dan daun dikenal jenis bayam putih clan bayam merah Bayam ini dicabut bersama akarmya kemudian dijual dalam bentuk ikatan.

Kecuali untuk diambil bijinya,  tanaman dibiarkan sampai berbunga dan berbiji.  Tanaman bayam cabut dapat tumbuh sepanjang musim. Biasanya banyak ditanam pada daerah dataran rendah di togalan atau pekarangan rumah. Bayam cabut termasuk sayuran yang banyak dikonsumsi oleh semua lapisan masyarakat dan sering dijumpai di setiap pasar,  baik pasar tradisional atau pasar swalayan dan harganya pun relatif murah. Dengan kemajuan teknologi,  jenis-jenis bayam cabut berkembang pesat sehingga diperoleh varietas unggul yang kualitas maupun kuantitasnya lebih baik dari yang sudah ada. Adapun varietas unggul bayam cabut yang banyak ditanam adalah sebagai berikut :

b. Bayam Varietas Lokal dan Impor

Bayam cabut varietas lokal

a) Git hjau

Tanaman ini adalah introduksi dari Thailand. Bayam umur 28 hari dapat dipanen. Tanaman tumbuh tegak dengan tinggi mencapai 20-25 cm. Bercabang sedikit,  bentuk batang bulat langsing,  halus,  dan berwarna keputih-putihan. Daun berwarna hijau keputihan,  berbentuk mirip delta, berukuran kecil, dan berurat halus. Varietas ini termasuk yang banyak ditanam oleh petani karena banyak disukai dan potensi hasilnya cukup tinggi yaitu mencapai sekitar 8,4 ton/ha.

Tanaman mulai berbunga pada umur 35 hari dan masak atau dapat dipanen pada umur 50-60 hari.  Git merah Bayam ini juga merupakan tanaman introduksi dari Thailand ciri-ciri tanaman antara lain bercabang sedikit,  tinggi tanaman pada waktu cabut yaitu 20-25 cm. Batang berwarna merah tua,  bentuk bulat langsing,  dan halus Daunnya berwarna hijau dengan belang merah tua di tongahnya.  berbentuk mirip delta,  berukuran lebar,  dan berurat halus Rasa daun masak enak dan keras. Tanaman dapat dipanen pada umur 30 hari. Produktivitas varietas ini yaitu 7,9 ton/ha.

Bayam cabut varietas impor

b) Green lake

Pertumbuhanya cepat dan produksinya tinggi. Tanaman agak tegak Daun lebar dengan topi sedikit bergerigi dan berwama hijau muda.  Tangkai daun kecil dan panjang. Benihnya bulat dan mudah ditanam.  Varietas ini cocok ditanam di daerah beriklim sedang sampai dingin,  terutama dataran tinggi.

c) Spark

Pertumbuhan varietas ini cepat dan kuat Produksinya tinggi.  Tanaman tegak,  besar,  dan tinggi.  Daun borwarna hijau,  bersoraf halus,  dan rasanya tidak pahit.  Tangkai daun panjang Benihnya bulat,  tidak berduri,  dan mudah ditanam varietas ini cocok ditanam di daerah dingin.

d) Trayful

Pertumbuhan varietas kuat,  tunas daunnya banyak,  dan produksinya tinggi Tanaman ini tegak.  Daun berserat halus,  berwarna hijau dengan bentuk sempit dan sedikit bergerigi serta mudah ditanam.  Variotas ini cocok ditanam di daerah beriklim sedang sampai dingin.


Harga Bibit Bayam Terbaru

Berikut harga bibit bayam terbaru yang dihimpun redaksi dari berbagai sumber. Anda juga bisa mengecekkan di laman lain terkait harga bibit bayam terbaru.

Nama Bubit Bayam dan Spesifikasinya Harga Terbaru Bibit Bayam
26000 Seeds Benih Bayam Maestro, Cap Panah Merah, Original Packing  Rp                      14.000,00
500 Gram Benih Bayam Hijau Maestro Cap Panah Merah, Original Packing  Rp                      55.000,00
Benih Bayam Hijau Maestro Panah Merah Kemasan Pouch Pack 10.000 Seeds  Rp                        9.500,00
Benih Atau Bibit Bayam Hijau ( Maestro) – Harga Murah  Rp                        9.700,00
Benih Bayam Hijau Maestro Cap Panah Merah  Rp                      15.000,00
Benih Bayam Merah Mira Panah Merah Kemasan Pouch Pack 20.000 Butir  Rp                      15.000,00
Benih Bayam Petik (1 gram)  Rp                          800,00
Benih Bayam Hijau Maestro  Rp                      15.000,00
Benih Bayam Super  Rp                        5.000,00
Benih Biji Bayam Jepang, Horenso, Poey Ling, Kemasan Asli  Rp                      25.000,00
Benih Bibit Bayam Maestro Cap Panah Merah  Rp                      15.000,00
Benih Bayam Merah Rescha 10 Gram – New Day Seed  Rp                      15.000,00
Benih Bayam  Rp                        3.500,00
Benih Bayam  Rp                        9.000,00
Benih Bibit Bayam Hijau, Maestro, Cap Panah Merah, Kemasan Kecil  Rp                      10.000,00
Benih Bayam Cabut Hijau Ipb Bc1  Rp                      15.000,00
Benih Bayam Hijau Maestro  Rp                      11.000,00
Benih Bibit Bayam Merah Cap Panah Merah  Rp                      15.000,00
20.000 Butir Benih Bayam Merah Mira, Cap Panah Merah, Kemasan Asli  Rp                      17.000,00
Benih Bayam Hijau Maestro  Rp                        9.900,00

Baca Juga:

Demikian harga bibit bayam terbaru saat ini. Bayam yang murah dan kaya gizi bisa menjadi andalan di menu keluarga Anda. Bahkan kripik bayam atau aneka turunan snack lainnya juga sangat variatif dengan bahan bayam ini. Kandungan nutrisi bayam juga sangat berguna untuk si kecil dengan mem-bleder-nya dicampur dalam makanan.

Advertisements



Loading...
harga perkilo bibit bayam cap panah merah