Harga Bawang Merah Terbaru Desember 2018


Berapa Harga Bawang Merah Terbaru Bulan Ini

Harga Bawang Merah Terbaru Bulan Ini. Rangkuman harga brambang terkini, harga bawang merah petani pengepul indonesia minggu ini di pasaran komoditi ekspor impor bumbu dapur rempah jenis bawang dari website HargaBulanIni.com (HBI). Kami akan memberikan update berapa harga bawang merah di pasaran lokal saat ini, apakah harga bawang naik, ataukah harga bawang merah saat ini sedang turun rendah? Namun sebelum kami akan memberikan beberapa info terkait apa itu bawang merah, dan apa saja manfaat, kegunaan dan khasiat bawang merah untuk kesehatan tubuh manusia.

Bawang merah yang memiliki nama latin Allium cepa var ascalonicum (L) Back, adalah salah satu jenis tanaman yang menjadi bumbu berbagai masakan di dunia, termasuk di Indonesia. Tanaman ini awalnya berasal dari Iran, Pakistan, dan pegunungan-pegunungan di sebelah utaranya, kemudian menyebar secara budidaya di daerah dingin, sub-tropis maupun tropis. Di Indonesia, di beberapa tempat bawang merah juga dikenal dengan sebutan BRAMBANG. Sebelumnya pernah kami hadirkan info terbaru harga pala hari ini di berbagai lokasi di pasaran Indonesia.

Umbi bawang merah dapat dikonsumsi secara mentah, dapat juga dimanfaatkan untuk bumbu masak, acar, obat tradisional, sementara itu kulit umbinya dapat dijadikan zat pewarna serta daunnya dapat pula digunakan untuk campuran sayur atau masakan lainnya.

Bawang merah sering kali digoreng untuk taburan masakan (makanan) Cara membuat bawang goreng adalah dengan mengiris tipis bawang merah, lalu digoreng dengan minyak goreng yang banyak. Pada umumnya, bawang goreng ditaburkan sebagai penyedap pada beberapa masakan Indonesia seperti soto, timlo, sup, gulai, bubur ayam dan lainnya.

MANFAAT DAN KHASIAT BAWANG MERAH

Brambang atau bawang merah, selain dapat dijadikan penyedap rasa (bawang goreng) dan bumbu dasar masakan, nyatanya juga memiliki kegunaan, khasiat dan manfaat yang banyak bagi kesehatan manusia. Misalnya untuk mengobati maag, masuk angin, menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan kolesterol, sebagai obat kencing manis (diabetes melitus), memperlancar pernafasan dan memperlancar aliran darah karena bawang merah dapat menghambat penimbunan trombosit dan meningkatkan aktivitas fibrinotik.

Selain itu, bawang merah juga memiliki beberapa khasiat dan manfaat antara lain:

  1. Mengatasi radang tenggorokan
  2. Mengatasi mimisan
  3. Mencegah berbagai kanker
  4. Menurunkan berat badan
  5. Mencegah kanker prostat
  6. Mengatasi sembelit
  7. Mencegah esofagus dan kanker perut
  8. Meningkakan kualitas tidur dan suasana hati
  9. Baik untuk jantung
  10. Mengontrol diabetes
  11. Mengatasi perut kembung pada anak-anak
  12. Meredakan batuk
  13. Mengobati gangguan urin

HARGA BAWANG MERAH TERBARU BULAN INI

Setelah mengetahui beberapa informasi detail mengenai bawang merah dan kegunaannya, saatnya kami tim HBI akan memberikan update berapa harga bawang merah per kilo di pasaran. Hanya saja yang namanya komoditas perdagangan, apalagi termasuk dalam rempah bumbu dapur, tentu harga bawang merah bisa saja mengalami naik turun serta perubahan yang drastis karena berbagai faktor.

Bahkan tak jarang bawang merah ini juga diekspor ke negara lain, seperti Malaysia, Thailand, Singapura, dan Vietnam, terutama ketika harga di pasar dalam negeri mengalami harga yang rendah akibat stok bawang merah yang melimpah.

Harga bawang merah di tingkat petani ketika artikel ini kami publish berkisar antara Rp 7.500 hingga 15.000 per kg. Angka ini merupakan keanjlokan harga bawang merah yang cukup rendah, karena harga bawang merah di tingkat konsumen ketika sedang meroket bisa mencapai Rp 60.000 sekilo.

Tentu harga di atas tidak bisa dibandingkan dengan harga bawang putih minggu ini, atau update harga terkini lada hitam dan putih bulan ini.

Demikianlah info harga bawang merah terbaru saat ini, semoga saja dapat memberikan tambahan informasi harga bumbu dapur dan komoditas perdagangan untuk ekspor dan impor hasil pertanian serta perkebunan. Harga bawang merah di atas bisa saja mengalami perubahan dan perbedaan harga tanpa adanya pemberitahuan lebih lanjut dari tim Harga Bulan Ini. Harga bawang merah di Brebes, Temanggung, Garut, Karanganyar, Malang, Pesisir Selatan, Semarang, Solo, NTB, Sumbar, Sumut, Sumsel, Sulsel, Sulteng, Sulut dan Kalsel tentu bisa saja mengalami perbedaan harga yang cukup signifikan di pasaran.

Advertisements



Loading...
bawang merah garut