4 Cara Mengatasi Bau Mulut dengan Mudah dan Murah

Cara Mengatasi Bau Mulut dengan Mudah dan Murah

Banyak orang yang mengalami masalah bau mulut tidak namun tidak tahu harus berbuat apa. Padahal permasalahan bau mulut tidak boleh disepelekan dan dibiarkan begitu saja. Jika tidak segera diatasi, bau mulut yang tidak sedap bisa saja mengganggu aktivitas sehari-hari serta meruntuhkan rasa percaya diri bagi penderitanya. Terlebih lagi jika sering berinteraksi dengan orang banyak.

Namun cara mengatasi bau mulut sejatinya merupakan perkara yang tidak begitu sulit untuk dilakukan. Pasalnya, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar Anda. Ditambah dengan kebiasaan hidup yang lebih bersih, sehat dan teratur.

Permasalahan bau mulut itu sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal. Secara umum, bau mulut tidak sedap disebabkan oleh bakteri yang berada di daerah mulut, lidah dan gigi. Hal itu bisa dipicu oleh kebiasaan dan kebersihan mulut dan gigi yang tidak baik. Ditambah dengan berbagai faktor yang bisa memperparahnya, seperti mulut kering, dehidrasi, kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol, adanya sariawan, jenis makanan yang dikonsumsi dan masih banyak lagi.

Namun masalah bau mulut ternyata juga bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan. Misalnya saja gangguan kesehatan pada mulut dan gigi, gagal ginjal, diabetes, paru-paru, gangguan saluran pencernaan, hingga jantung.

Cara Ampuh Mengatasi Bau Mulut

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda tempuh untuk mengatasi masalah bau mulut tidak sedap yang Anda alami.

1. Memperbanyak Minum Air Putih

Tidak hanya baik untuk kesehatan, banyak minum air putih nyatanya bisa menjadi solusi untuk mengatasi bau mulut tidak sedap. Cukupnya asupan air putih akan menjaga kondisi mulut tetap lembab. Hal ini akan meminimalisir tumbuhnya bakteri yang biasanya menyukai kondisi mulut yang kering.

Akan lebih baik lagi jika Anda juag mengurangi minum kopi serta menghindari minuman beralkohol. Pasalnya, kedua jenis minuman tadi akan memicu mulut menjadi semakin kering sehingga dissukai oleh bakteri penyebab bau mulut.

2. Rajin Menggosok Gigi

Bau mulut tidak sedap juga dapat diatasi dengan cara rajin menggosok gigi. Idealnya, Anda menggosok gigi secara rutin dua kali dalam sehari. Dengan menggosok gigi, maka sisa-sisa makanan yang berada di mulut, lidah, sela-sela gigi dan gusi akan dapat dibersihkan. Jika hal itu tidak dibersihkan dengan baik, maka akan dapat memicu tumbuhnya bakteri penyebab bau mulut tidak sedap.

Untuk hasil terbaik, selalu gunakan sikat gigi yang halus agar aman digunakan serta tidak melukai mulut dan gusi Anda. Selain itu, jangan lupa untuk menyikat bagian lidah agar nafas Anda semakin segar.

3. Menggunakan Obat Kumur

Cara yang kedua adalah menggunakan obat kumur. Cara ini terbilang sangat ampuh untuk mengatasi masalah bau mulut tidak sedap. Hanya saja efeknya cuma sesaat atau tidak tahan lama.

Meski demikian, dengan menggunakan obat kumur, Anda tidak hanya akan mendapatkan nafas yang segar namun kandungan antiseptiknya juga turut melindungi mulut Anda dari serangan bakteri jahat penyebab bau mulut. Waktu terbaik untuk menggunakan obat kumur adalah sesaat setelah Anda menyikat gigi.

4. Daun Sirih

Tentu Anda sudah familiar dengan daun sirih. Namun apakah Anda tahu jika daun sirih memiliki khasiat dalam mengatasi bau mulut tidak sedap? Di dalam daun sirih terkandung allylpyrocatechol yang bermanfaat dalam mengikat dan mengurangi gas berbau busuk yang disebabkan oleh bakteri anaerob. Gas yang dihasilkan oleh bakteri penyebab bau mulut tersebut dinamakan methyl mercaptan dan hydrogen sulfide.

Tidak hanya ampuh dalam mengatasi bau mulut tidak sedap, daun sirih ternyata juga berguna dalam meminimalisir terjadinya karies gigi. Untuk penggunaannya sendiri, Anda bisa mengonsumsi seduhan air daun sirih sebanyak dua kali sehari.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bau mulut tidak sedap. Jika berbagai cara sudah Anda tempuh namun bau mulut yang Amnda alami tidak juga hilang, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sehingga Anda akan mendapatkan diagnosis serta jalan keluar yang tepat.