Cara Kerja dan Kelebihan Mesin CNC Plasma Cutting yang Perlu Diketahui

Cara Kerja dan Kelebihan Mesin CNC Plasma Cutting yang Perlu Diketahui

Bagi Anda yang memiliki usaha las dan pemotongan plat tentunya sudah memahami bagaimana sulitnya untuk mendapatkan hasil potongan plat atau logam yang rapi dan halus. Terlebih lagi jika Anda belum memiliki peralatan yang mumpuni.

Namun semenjak adanya mesin CNC plasma cutting, pekerjaan semacam itu menjadi sangat mudah untuk dilakukan. Sehingga selain hasilnya bagus, kesalahan akibat human error juga bisa dihindari.

Mesin CNC Plasma Cutting

Mesin CNC Plasma Cutting

Adapun CNC itu sendiri merupakan kependekan dari Computer Numerical Control. Jadi, mesin CNC plasma cutting dapat diartikan sebagai sebuah teknologi sistem kontrol di mana merupakan kombinasi antara teknologi komputer dengan peralatan mesin.

Sederhananya, mesin ini bekerja dengan cara menggunakan panas, di mana panas tersebut dihasilkan dari sumber listrik yang disalurkan ke material yang hendak dipotong. Semua itu dapat berjalan dengan dengan adanya dorongan oleh angin dan sistem pemrograman yang telah disetting sedemikian rupa.

Bagi Anda yang ingin membelinya, Anda tidak perlu bingung. Pasalnya, saat ini sudah banyak yang jual mesin cnc plasma cutting, salah satunya adalah MesinCNC.id.

Cara Kerja Mesin CNC Plasma Cutting

Seperti yang sudah disinggung di depan, mesin CNC plasma cutting ini merupakan kombinasi dari teknologi komputer dan mesin. Maka agar dapat bekerja dengan baik, diperlukan beberapa settingan atau pengaturan pada sistem komputer yang meliputi perangkat lunak (software) untuk membuat desain, misalnya saja Adobe Ilustrator, CorelDraw atau software desain lainnya sesuai kebutuhan Anda.

Pertama-tama, mesin CNC plasma cutting perlu dihubungkan terlebih dahulu ke komputer. Selanjutnya, siapkan pola atau desain yang akan dikerjakan dengan mesin ini. Pola ini tentu saja sudah Anda buat sebelumnya dengan software desain yang telah disebutkan tadi.

Kemudian Anda harus mengatur beberapa settingan misalnya saja drilling, boring dan lainnya. Setelah pengaturan tersebut selesai, maka Anda bisa menyalakan mesin CNC plasma cutting dan mulai memotong plat sesuai polanya.

Pada proses pemotongan ini, akan dibantu dengan dorongan dari gas invert akan ditiupkan dengan kecepatan tinggi melalui nozel. Di saat yang bersamaan, akan terbentuk busur listrik ke permukaan plat yang akan dipotong. Alhasil, gas tersebut akan berubah menjadi plasma yang sangat panas, sehingga akan mampu mencairkan serta bergerak mengikuti pola agar plat dapat terpotong.

Kelebihan Mesin CNC Plasma Cutting

Kelebihan Mesin CNC Plasma Cutting

Setelah Anda mengetahui secara singkat apa itu mesin CNC plasma cutting dan bagaimana cara kerjanya, kini saatnya Anda simak apa saja kelebihan dari mesin ini.

1. Meminimalisir Risiko Human Error

Kelebihan menggunakan mesin CNC plasma cutting yang pertama adalah mampu meminimalisir terjadinya human error. Kesalahan yang diakibatkan oleh manusia, akan memberikan dampak pada proses produksi hingga kepuasan klien.

Dengan memakai mesin CNC plasma cutting, kesalahan semacam itu bisa diminimalisir. Terlebih lagi jika harus memproduksi secara massal, tentu saja hasilnya akan jauh lebih baik dan memuaskan ketika menggunakan mesin CNC plasma cutting.

2. Memiliki Tingkat Akurasi yang Tinggi

Karena human error dapat diminimalisir, hal ini menunjukkan bahwa hasil dari mesin CNC plasma cutting ini memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Sehingga hasil pemotongan plat dan logam akan sesuai pola, lebih rapi dan juga halus.

Berbeda jika pemotongan plat dilakukan secara manual oleh pekerja. Maka bisa saja pemotongannya akan keluar dari pola atau tidak sesuai, dan hasilnya pun menjadi kurang halus dan rapi.

Selain itu, memotong plat dengan mesin CNC plasma cutting memiliki kecepatan yang stabil, dapat mengerjakan lebih banyak produk sehingga produktivitas dan keuntungan bisnis Anda juga akan ikut meningkat.

3. Dapat Menghemat Biaya Produksi

Produksi dengan cara manual akan memaksa Anda untuk menggunakan banyak pekerja. Sehingga semakin banyak jumlah yang harus diproduksi, maka akan membutuhkan SDM atau pekerja yang semakin banyak pula, yang pada akhirnya akan membuat biaya produksi menjadi tinggi.

Hal itu jauh berbeda jika Anda menggunakan mesin CNC plasma cutting. Memang harganya bisa dibilang cukup mahal. Namun dengan melihat efektifitas, fungsi dan keawetannya, maka menggunakan mesin CNC plasma cutting pada akhirnya akan jauh lebih murah dan menguntungkan bagi bisnis Anda.