5 Tips Memilih Genset Mini untuk Rumah Tangga, Solusi Efektif Saat Listrik Padam

Tips Memilih Genset Mini untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Listrik merupakan sesuatu yang sangat penting dan dibutuhkan oleh banyak orang. Adanya listrik telah memberikan berbagai kemudahan bagi manusia, baik itu untuk kebutuhan sehari-hari maupun untuk mendukung pekerjaan. Namun mengandalkan listrik dari PLN kadang tidak cukup dan tidak bisa menjadi solusi yang efektif. Pasalnya ada saja yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan teknis yang dapat membuat terputusnya aliran listrik.

Sobat tentu akan merasa kesal saat terjadi pemadaman listrik yang dapat menghambat aktivitas dan pekerjaan sobat. Pemadaman listrik di negara kita yang sering kali terjadi tidak terduga, tentu sangat merepotkan dan membuat pekerjaan menjadi kacau.

Tak hanya itu, putusnya aliran listrik akan dapat mengganggu jalannya operasional serta kegiatan dalam rumah tangga. Untuk itulah sobat membutuhkan generator listrik (genset) sebagai solusi yang tepat ketika terjadi pemadaman listrik yang tidak terduga. Dan genset mini sangat tepat untuk mencukupi kebutuhan listrik rumah tangga saat listrik padam.

Tips Memilih Genset Mini untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Hanya saja, memilih genset mini untuk keperluan rumah tangga yang tepat bukanlah pekerjaan yang mudah. Apalagi jika sobat kurang memahami tentang harga genset mini, apa saja jenis dan mereknya, dan informasi lainnya seputar genset.

Namun sobat tidak perlu cemas, karena kami akan menghadirkan beberapa poin yang perlu sobat perhatikan dalam membeli genset mini untuk kebutuhan rumah tangga.

1. Tentukan Kebutuhan Listrik

Sebelum sobat memutuskan untuk membeli genset, maka sobat harus memahami seberapa besar kebutuhan listrik di rumah sobat. Hal ini sangat penting untuk sobat lakukan. Pasalnya, genset memiliki kapasitas daya yang harsu disesuaikan dengan kebutuhan listrik di rumah. Jika hal ini tidak diperhatikan, maka akan berpotensi terjadinya risiko kerusakan atau korsleting. Sobat bisa mulai menghitung kebutuhan listrik dengan membuat daftar daya (watt) dari berbagai alat elektronik yang ada di rumah tangga sobat, misalnya lampu, kulkas, pompa air, AC, magic jar, TV, dan lainnya.

2. Kenali Kebutuhan Genset

Sebagaimana pada jenis produk elektronik lainnya, perlu sobat ketahui bahwa genset pun memiliki aneka macam dan ragam. Yang sobat perlukan adalah mengenali jenis genset yang ada di pasaran sesuai dengan apa yang sobat butuhkan. Secara umum ada dua jenis genset yang cocok digunakan untuk mencukupi kebutuhan listrik rumah tangga. Pertama, model genset standby yang bisa dipasang secara permanen, dimana genset model ini akan otomatis hidup ketika listrik putus. Dan yang kedua adalah genset potabel dimana genset model ini digunakan diberbagai lokasi namun menghasilkan suara yang lebih bising dibandingkan genset jenis standby.

3. Kenali Merk dan Tipe Genset

Selain sobat harus mengetahui jenis genset sesuai kebutuhan, sobat juga perlu mengenali merk dan tipe genser. Hal ini sangat penting diketahui pada saat sobat hendak membeli genset. Pasalnya, jika sobat tidak paham sama sekali maka akan memicu terjadinya kesalahan dalam memilih genset yang sesuai kebutuhan. Berbagai merek dan tipse genset banyak beredar di pasaran, dimana sobat bisa mencari ulasan untuk mendapatkan genset terbaik sesuai keperluan. Melalui ulasan tersebut sobat juga bisa mendapatkan serangkaian informasi mengenai harga, bahan bakar yang digunakan, kelebihan dan kekurangan, garansi hingga dari sisi keamanan serta kenyamanan.

4. Sesuaikan dengan Daya Listrik

Seperti yang telah disinggung pada poin no. 1, bahwa sobat perlu membuat list kebutuhan listrik dan daya yang dibutuhkan pada rumah sobat. Setelah sobat mendapatkan angkanya, maka sobat bisa memilih genset yang memiliki kapasitas daya sesuai dan tidak boleh melebihi kapasitas daya listrik di rumah sobat. Secara umum, besarnya kapasitas daya genset yang sesuai untuk kebutuhan rumah tangga antara lain mulai 500 watt, 1000 watt, hingga 1200 watt.

5. Bandingkan Harga dan Kualitas Genset

Seperti halnya ketika sobat membeli alat elektronik atau gadget misalnya, sobat juga perlu memperhatikan harga dan kualitas genset. Untuk itu sobat perlu membandingkan harga genset mini yang sesuai dengan budget yang sobat anggarkan. Tidak ada salahnya jika sobat mengecek harga genset kecil baik itu secara online maupun di toko-toko di sekitar sobat. Jika sobat membutuhkan referensi harga genset mini untuk kebutuhan rumah tangga, maka sobat bisa mengunjungi website www.sentramesin.com.