Tuesday , June 18 2024
Harga Tiket KA Bandara Adisumarmo

Harga Tiket Kereta Api Adisumarmo Airport Rail Link Terbaru

Harga Tiket Kereta Api Adisumarmo Airport Rail Link Terbaru. Nama kereta api yang melayani rute ke Bandara Adi Soemarmo adalah KA Adi Soemarmo Airport Rail Link atau sering disebut juga sebagai KA Bandara Adi Soemarmo. Layanan ini dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan dirancang untuk menghubungkan penumpang dari pusat kota Solo (Stasiun Solo Balapan) ke Bandara Internasional Adi Soemarmo dengan cepat dan nyaman.

Kereta Api Bandara Adi Soemarmo adalah layanan kereta api yang menghubungkan Bandara Internasional Adi Soemarmo di Boyolali, Jawa Tengah, dengan pusat kota Solo (Surakarta). Layanan ini dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan transportasi menuju bandara.

Sejarah dan Pengembangan

Kereta Bandara Adi Soemarmo mulai beroperasi pada tanggal 29 Desember 2019. Pembangunan jalur kereta api ini merupakan bagian dari proyek strategis nasional yang bertujuan untuk meningkatkan konektivitas antar moda transportasi di Indonesia. Jalur ini menghubungkan Bandara Adi Soemarmo dengan Stasiun Solo Balapan, yang merupakan salah satu stasiun utama di Kota Solo.

Rute dan Fasilitas

Rute kereta api ini mencakup jarak sekitar 13,5 kilometer, melewati beberapa stasiun antara lain Stasiun Kadipiro dan Stasiun Solo Balapan. Waktu tempuh perjalanan dari Bandara Adi Soemarmo ke Stasiun Solo Balapan atau sebaliknya adalah sekitar 20-25 menit, tergantung kondisi lalu lintas dan jadwal keberangkatan.

Kereta Bandara Adi Soemarmo dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern untuk kenyamanan penumpang, seperti AC, kursi yang nyaman, tempat penyimpanan bagasi, dan Wi-Fi gratis. Selain itu, kereta ini juga dirancang ramah bagi penyandang disabilitas dengan menyediakan akses yang mudah dan fasilitas khusus.

Jadwal dan Tarif

Kereta Bandara Adi Soemarmo beroperasi dengan jadwal keberangkatan yang disesuaikan dengan jadwal penerbangan di Bandara Adi Soemarmo, sehingga memudahkan penumpang yang hendak mengejar pesawat atau baru tiba di bandara. Tiket kereta api ini dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access, loket stasiun, maupun di bandara.

Tarif tiket Kereta Bandara Adi Soemarmo tergolong terjangkau, dengan harga yang bervariasi tergantung pada kategori penumpang dan jarak tempuh. Harga tiket berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 15.000.

Baca Juga:

Adanya Kereta Bandara Adi Soemarmo memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, terutama dalam hal efisiensi waktu dan kemudahan akses. Penumpang tidak perlu khawatir terjebak macet, terutama pada jam-jam sibuk. Selain itu, kereta ini juga diharapkan dapat mengurangi beban lalu lintas di jalan raya, mengurangi polusi udara, dan mendukung upaya pemerintah dalam mengembangkan transportasi publik yang ramah lingkungan.

Kereta Api Bandara Adi Soemarmo merupakan langkah maju dalam upaya meningkatkan kualitas transportasi di Indonesia. Dengan fasilitas modern, jadwal yang terintegrasi dengan penerbangan, dan tarif yang terjangkau, layanan ini diharapkan dapat menjadi pilihan utama bagi penumpang yang ingin menuju atau dari Bandara Internasional Adi Soemarmo dengan cepat dan nyaman.