Harga Ikan Cupang Per Ekor Terbaru April 2019


Harga Ikan Cupang Per Ekor Terbaru

Daftar Harga Ikan Cupang Per Ekor Terbaru Bulan Ini. Ikan hias memiliki pasar tersendiri. Karena masuk dalam jajaran hoby maka banderol harga ikan cupang per ekor terbaru tergantung pada jenis dan permintaan pasar. Ini tidak sekedar masalah trend minat atau jenis ikan cupang tetapi juga faktor ketersediaannya. Ikan cupang merupakan ikan kecil dengan aneka warna yang indah sebagai ikan yang sedap dipandang mata.

Harga Ikan Cupang Per Ekor. Ikan dengan ukuran kecil ini memang memiliki daya tarik tersendiri bagi penggemarnya. Ada yang terpesona warnanya, bentuknya, lucunya dan keberadaanya yang langka di pasaran. Semua penggemar tentu memiliki alasan tersendiri perihal adanya jual dan beli di lapangan.

Ikan Cupang (Betta sp.) adalah salah satu ikan air tawar yang habitat asalnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Vietnam. Ikan ini ternyata mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya.

Bila melihat lebih dalam saat di kalangan pecintanya, ikan cupang umumnya terbagi atas tiga golongan, yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar. Di Indonesia terdapat cupang asli,salah satunya adalah Betta channoides yang ditemukan di Pampang, Kalimantan Timur. Harga terbaru ikan cupang saat ini juga bervariasai untuk setiap daerah di Indonesia.

Ikan cupang termasuk dalam salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu lama sehingga apabila ikan tersebut ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara (aerator), ikan ini masih dapat bertahan hidup.

Jenis-jenis Ikan Cupang Kekinian

Macam ikan cupang kali ini disesuaikan dengan kondisi terbaru alias saat ini. Beberapa penggemar memberikan klasifikasi atau penjenisan berikut ini.

1. Halfmoon (bulan sepotong)
Cupang halfmoon mempunyai sirip dan ekor yang seolah menyatu membentuk setengah lingkaran. Bila dilihat dari samping, sirip ikan halfmoon berbentuk seperti bulan sebelah. Ikan cupang halfmoon dipelihara karena keindahannya. Jenis ini mempunyai varian warna yang beragam mulai dari merah menyala, kuning, dan varian warna lainnya.

2. Crown tail (serit)
Di sisi lain ikan ini di Indonesia bisa sedikit berbangga, karena ikan cupang serit dilahirkan oleh para breeder dari daerah Slipi, Jakarta. Cupang serit menjadi mendunia karena variasi keindahannya. Di sebut crown tail atau ekor mahkota, karena bila dibalik menghadap ke atas serit-serit pada ekornya terlihat seperti mahkota raja.

Jenis ikan cupang serit ternyata memiliki banyak varian. Ada yang seritnya tunggal, dimana dalam setiap serit hanya terdapat satu tulang sirip. Ada juga yang berserit dua atau serit ganda. Keindahan ikan cupang serit sudah diakui dunia dan dipertandingkan di International Betta Congress (IBC).

3. Plakat (petarung)
Ikan jenis plakat ini aslinya berasal dari istilah di Thailand yang artinya kurang lebih adalah tarung atau laga. Sesuai dengan namanya, jenis ikan cupang ini biasa digunakan sebagai cupang aduan. Thailand memang memiliki tradisi adu cupang yang sudah melegenda.

Sirip dan ekor cupang plakat biasanya pendek tidak menjumbai seperti serit dan halfmoon. Karena pendek, sirip tersebut memberikan kesan kokoh dan kekar. Gerakan ikan cupang plakat tidak terlalu anggun tapi terlihat lebih sangar.

Baca Juga:

4. Dauble tail (cagak)
Penamaannya dikarenakan bagian ekornya terbelah dua, seperti bercagak dua. Jenis ikan cupang double tail tergolong sulit dikembangkan. Oleh karena itu keberadaannya masih jarang dijumpai di pasaran.

5. Giant (raksasa)
Ikan dengan ciri besar hingga 12 centimeter. Ikan cupang raksasa ini berhasil dikembangkan breeder dari Thailand dan jauh lebih besar dari jenis ikan cupang lainnya. Cupang raksasa ini dikembangkan dari cupang plakat, yang disilangkan dengan cupang lainnya. Saat ini, berbagai terdapat berbagai jenis ikan cupang raksasa, diantaranya halfmoon giant, double tail giant dan crown tail giant.

6. Cupang Liar

Ikan yang satu ini lain dari yang lain pasalnya cupang liar adalah jenis ikan cupang asli yang ada di alam dan belum dilakukan penyilangan dan rekayasa genetik. Biasanya terdapat di rawa, selokan dan sawah. Tetapi terdapat juga cupang langka yang harganya bisa melambung tinggi Dan cupang-cupang yang sekarang ada dan kita kenal adalah berasal dari cupang-cupang liar ini.

Harga Ikan Cupang Per Ekor Terbaru

Berikut Harga Ikan Cupang Per Ekor Terbaru dari beberapa liputan HargaBulanIni.com.

Jenis Ikan Cupang Harga Ikan Cupang Per Ekor (Rupiah)
Halfmoon (bulan sepotong) 5.000-300.000
Crown tail (serit) 5.000-300.000
Plakat (petarung) 5.000-300.000
Dauble tail (cagak) 10.000-300.000
Giant (raksasa) 50.000-500.000
Cupang Liar 10.000-2.000.000

Foto-foto Ikan Cupang

Halfmoon (bulan sepotong)

1Halfmoon

Crown tail (serit)

2Serit (crown tail)

Plakat (petarung)

3Laga (plakat)

Dauble tail (cagak)

4Cagak (double tail)


Giant (raksasa)

5Giant (raksaksa)

Cupang Liar

6Cupang Liar

Baca Juga:

Demikian harga ikan cupang per ekor terbaru saat ini di pasaran. Semoga dapat membantu Anda dalam mencari berita update terkini perihal harga ikan cupang per ekor. Selamat menikmati. Jangan lupa like dan sharenya sebagai bentuk dukungan terhadap HBI.

Advertisements



Loading...
hargavikan cupang april 2019, jenis ikan cupang kekinian