Inilah Beragam Manfaat Pohon Tabebuya yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Beragam Manfaat Pohon Tabebuya yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Dalam beberapa tahun terakhir, pohon tabebuya memang sedang naik daun dan banyak diminati. Terlebih lagi setelah pemerintah Kota Surabaya merenovasi ulang taman kota dan memanfaatkan pohon tabebuya sebagai sarana penghijauan beberapa tahun lalu. Selain untuk penghijauan tanaman, pohon tabebuya ini juga sukses mempercantik suasana kota Surabaya.

Pohon tabebuya atau kerap disebut dengan sakura tropis atau sakuranya Indonesia ini, sebenarnya bukanlah tanaman asli tanah air. Tabebuya atau tanaman yang memiliki nama latin Handroanthus chrysotrichus ini berasal dari Brazil.

Seperti diketahui, Brazil juga merupakan negara tropis. Di samping itu, pohon tabebuya ini juga dikenal mudah beradaptasi dalam berbagai kondisi dan juga memiliki ketahanan hidup yang cukup tinggi. Maka tidak mengherankan jika pohon ini sudah banyak dijumpai di berbagai kota di Indonesia.

Bahkan, sekarang ini sudah banyak orang yang menjual bibitnya secara online. Selain itu, ada pula yang jual pohon tabebuya besar karena banyaknya peminat dari pohon ini.

Apa Saja Manfaat Pohon Tabebuya?

Inilah Manfaat Pohon Tabebuya

Kebanyakan orang tertarik dengan pohon tabebuya karena keindahannya. Bunga dari pohon tabebuya yang berwarna pink (merah muda) memang sangat menyerupai bunga sakura. Pohon tabebuya juga memiliki beberapa varian warna bunga lainnya lain seperti kuning, putih dan juga ungu.

Selain kecantikan bunganya yang mampu memanjakan mata, ternyata pohon tabebuya itu sendiri juga memiliki beberapa manfaat, antara lain:

1. Sebagai Pohon Pelindung

Yang pertama, pohon tabebuya juga bermanfaat sebagai pohon pelindung. Tabebuya merupakan pohon yang dapat tumbuh besar dengan kanopi yang melebar. Sehingga dapat menaungi lingkungan sekitarnya dari sinar matahari yang terik.

Bahkan, kanopi tabebuya juga mampu melindungi dari hujan yang tidak terlalu deras, katena batangnya yang cukup besar dan daun serta bunganya yang cukup rapat.

2. Membuat Perkarangan Rumah Menjadi Teduh

Pohon tabebuya juga dapat Anda gunakan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah. Selain dapat Anda nikmati keindahannya, pohon ini juga dapat menjadikan pekarangan rumah Anda tampak lebih teduh.

Dengan adanya pohon tabebuya di pekarangan rumah Anda juga dapat mencegah banyak debu yang masuk ke rumah. Di samping itu juga dapat mendorong angin masuk ke dalam rumah melalui jendela dan ventilasi.

Dengan demikian Anda juga dapat menghemat pengeluaran listrik untuk pendingin ruangan. Ditambah lagi dengan udara dalam rumah juga lebih bersih dan sehat karena sirkulasinya lebih lancar.

3. Menjernihkan Udara Sekitar

Manfaat tabebuya yang sangat penting lainnya adalah dapat menyerap polusi dan menjernihkan udara sekitar. Alasan ini juga yang menjadikan tabebuya banyak dipilih sebagai tanaman utama untuk ditanam di taman kota. Selain indah, pohon tabebuya juga dapat membersihkan udara dari polusi.

Tidak hanya polutan, pohon tabebuya juga dapat memerangkap debu karena kanopinya yang lebar. Tanaman ini juga memiliki banyak daun yang akan menghasilkan oksigen agar udara sekitar lebih sehat dan juga segar.

4. Menyembuhkan Luka & Menurunkan Panas

Tidak hanya bermanfaat untuk lingkungan, pohon tabebuya juga disinyalir banyak digunakan dalam pengobatan herbal. Daun tabebuya banyak dilakukan sebagai penyembuh luka yang cukup efektif.

Tidak hanya itu, kulit batang tabebuya juga dapat dikeringkan dan diseduh sebagai teh, yang berkhasiat untuk menurunkan panas dan juga meredakan arthritis.

Bahkan, daun tabebuya juga bayak dimanfaatkan sebagai penambah sel darah secara alami khususnya bagi penderita anemia.

5. Mengobati Flu

Hampir semua bagian tanaman tabebuya bermanfaat bagi kesehatan. Bagi Anda yang menanam pohon tabebuya di rumah, Anda bahkan dapat mengambil dan menyimpan akar kering tanaman tabebuya.

Akar kering ini dapat diseduh sebagai teh dan dikonsumsi ketika flu melanda. Teh akar tabebuya sering juga disebut sebagai tahibo. Teh ini dipercaya ampuh untuk meringankan gejala flu yang kerap datang menghampiri ketika cuaca dingin atau saat musim penghujan tiba.

6. Melawan Malaria & Meningkatkan Imunitas

Tidak hanya gangguan kesehatan ringan, bunga tabebuya ternyata juga mengandung sebuah zat yang disebut dengan naphthoquinone. Jika Anda mengolah bunga tabebuya segar secara herbal, maka Anda akan mendapatkan ekstrak naphthoquinone yang ampuh untuk meredakan malaria dan juga meningkatkan imun bagi penderita malaria. Bunga tabebuya ini juga ampuh untuk mencegah infeksi.

7. Dijadikan Pupuk Kompos

Ketika musim berbunga, maka hampir semua bagian pohon tabebuya akan tertutup oleh bunga seperti bunga sakura. Ketika bunga tabebuya ini mulai berguguran, maka Anda dapat meletakkannya pada kotak pembuatan kompos dan menjadikannya sebagai pupuk alami. Pupuk ini dapat Anda gunakan lagi untuk memupuk tanaman hias ataupun tanaman lain yang Anda miliki di rumah.

Selain memiliki keindahan warna bunga, pohon tabebuya nyatanya menyimpan segudang manfaat. Maka tidak mengejutkan jika banyak orang menggemarinya hingga mencari bibit tanaman ini untuk ditanam di pekarangan rumah.