Manfaat Penggunaan Panel Surya Dari Energi Alternatif Matahari Oktober 2021

Manfaat Penggunaan Panel Surya Dari Energi Alternatif Matahari

Perubahan iklim yang diakibatkan oleh penggunaan berbagai energi tidak terbarukan dengan emisi gas karbon yang berbahaya, menjadi salah satu masalah yang harus diperhatikan secara nyata oleh masyarakat. Dalam hal ini, energi matahari bisa menjadi salah satu energi alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Yakni salah satunya dengan penggunaan solar panel. Lalu apa saja kelebihan energi matahari sebagai alternatif ini ?

Kelebihan Energi Matahari Terhadap Lingkungan

1. Mengurangi Polusi Udara

Penggunaan pembangkit listrik yang dihasilkan dari bahan bakar fosil, dapat melepaskan karbon dioksida dan gas metana yang berbahaya ke udara. Proses tersebut tentunya dapat menurunkan kualitas udara yang dihirup oleh manusia. Masyarakat yang setiap harinya menghirup udara yang telah terkontaminasi zat berbahaya, dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Mulai dari alergi, asma, sakit kepala, pneumonia, bronkitis, serangan jantung, sampai beberapa jenis kanker. Lain halnya ketika menggunakan pembangkit listrik yang dihasilkan dari pemanfaatan energi matahari, yang mana prosesnya tidak meninggalkan emisi gas berbahaya. Sehingga semakin banyak mengandalkan energi surya, maka akan semakin berkurang polusi udara.

2. Membantu Memperlambat Perubahan Iklim

Membantu memperlambat perubahan iklim merupakan salah satu jawaban atas pertanyaan apa kelebihan energi matahari. Pasalnya pelepasan gas beracun seperti karbon dioksida dan metana ke atmosfer, tidak hanya berpengaruh secara langsung pada polusi udara semata. Namun proses pelepasan gas berbahaya tersebut juga berdampak terhadap peningkatan efek rumah kaca.

Meskipun pada dasarnya efek rumah kaca merupakan sebuah proses yang terjadi secara alami. Namun berbagai aktivitas manusia seperti halnya pembakaran bahan bakar fosil, dapat secara signifikan meningkatkan efek rumah kaca tersebut. Dalam beberapa tahun terakhir, hal ini bisa dilihat dari terjadinya berbagai peristiwa cuaca yang cukup ekstrim.

Seperti panas yang ekstrim, kekeringan, siklon, badai, maupun banjir. Untuk mencegah atau memperlambat peningkatan efek rumah kaca, penggunaan energi matahari sebagai bahan bakar pembangkit listrik bisa menjadi salah satu solusinya. Karena dengan energi surya yang digunakan, maka tidak ada emisi karbon berbahaya yang akan terlepas ke atmosfer.

3. Menggunakan Lebih Sedikit Air

Penting untuk diketahui bahwa produksi listrik tradisional dan konvensional, bisa menggunakan ribuan liter air setiap tahunnya. Dimana air ini digunakan untuk memproses dan memurnikan bahan bakar, mendinginkan generator, hingga mengangkut bahan bakar yang akan digunakan melalui pipa.

Padahal, air merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat berharga bagi manusia. Berada di benua terkering, masyarakat tentunya berisiko kehabisan air tawar di masa depan. Sedangkan penyulingan air laut menjadi air tawar bisa dilakukan semudah membalik telapak tangan.

Apa kelebihan energi matahari dapat dilihat dalam hal ini. Pasalnya pengoperasian sel fotovoltaik surya yang menggunakan bahan bakar dari energi matahari, sama sekali tidak menggunakan air untuk memproduksi energi listrik. Hal ini tentunya akan mengurangi tekanan terhadap sumber daya air yang berharga.

Panel Surya dari SUN Energy Sebagai Solusi

Untuk memanfaatkan energi matahari yang melimpah, panel surya bisa menjadi alternatif pembangkit listrik mandiri. Dimana penggunaan dari panel surya ini dinilai jauh lebih menjanjikan dan hemat. Bahkan PLTS di Indonesia dipercaya mempunyai potensi yang besar untuk ke depannya.

Hal ini membuat banyak masyarakat yang ingin menggabungkan energi alternatif tenaga surya tersebut dengan energi listrik konvensional seperti PLN. Tidak hanya pada skala perumahan, PLTS juga semakin banyak diminati oleh skala pabrik dan industri. Bahkan belakangan mulai dilirik dari sektor lembaga pendidikan.

Untuk memenuhi kebutuhan pembangkit listrik tenaga surya pada berbagai sektor, anda bisa memilih untuk bermitra dengan SUN Energy. PT Surya Utama Nuansa (SUN Energy) adalah perusahaan pengembang proyek sistem tenaga surya asal Indonesia, yang telah berdiri sejak tahun 2016 dan menjadi terbesar di dalam negeri.

Dalam kurun waktu 5 tahun sejak berdirinya, SUN Energy telah memiliki proyek sebesar 80 MWp dan berpengalaman untuk memberikan solusi terintegrasi. Mulai dari konsep, desain, sampai konstruksi pemasangan panel surya. Meliputi penentuan lokasi pemasangan, perizinan pelaksanaan proyek, model pembiayaan, sampai pemeliharaan setelah pemasangan.

Kenapa Harus Menggunakan Solar Panel dari SUN Energy?

1. Biaya Investasi Terjangkau

Setelah mengetahui apa kelebihan energi matahari yang begitu bermanfaat sebagai bahan bakar pembangkit listrik, sejatinya banyak masyarakat yang ingin memasang panel surya. Namun persepsi mengenai harga pemasangan PLTS yang mahal biasanya menjadi penghambat keinginan tersebut.

Padahal, dengan menggunakan solar panel SUN Energy, hal tersebut tidak berlaku. Pasalnya SUN Energy menawarkan biaya investasi terjangkau untuk pemasangan PLTS. Anda bisa mendapatkan investasi dengan DP 0% untuk memasang solar panel, dan biaya yang perlu dibayarkan sesuai dengan daya listrik yang anda gunakan.

2. Garansi Pemakaian 25 Tahun

SUN Energy memberikan garansi pemakaian sampai 25 tahun lamanya. Pasalnya sebagai satu satunya developer lokal dengan proyek kelas internasional, SUN Energy sangat mengutamakan kepuasaan pelanggan dan kualitas produk. Apa kelebihan energi matahari bisa dimanfaatkan dengan baik menggunakan PLTS atap berkualitas dari perusahaan satu ini.

Beralih ke energi alternatif dari matahari untuk menghasilkan listrik, tidak hanya membantu menciptakan lingkungan yang lebih bersih. Namun anda juga bisa menghemat biaya tagihan listrik bulanan dari PLN. Untuk mendapatkan semua manfaat tersebut, anda bisa menggunakan PLTS terbaik dari SUN Energy sekarang juga!

Anda bisa baca tentang SUN Energy dan informasi tentang panel surya lainnya di blog SUN Energy. Klik disini untuk informasi lebih lanjut : Blog SUN Energy.

Semoga bermanfaat.