Cara Merawat Mesin Mobil agar Awet Menurut Otoklix

Cara Merawat Mesin Mobil agar Awet Menurut Otoklix

Sebagai pemilik mobil, tentunya Anda ingin mobil awet yang bisa digunakan dalam waktu lama. Untuk memastikan hal tersebut, Anda harus melakukan perawatan mobil secara rutin baik secara pribadi atau servis ke bengkel umum terpercaya yang bisa Anda temukan lewat website otoklix.com. Hal tersebut untuk memastikan perawatan mobil Anda ditangani oleh tenaga mekanik yang profesional dan handal.

Perawatan mobil sendiri bertujuan untuk mengecek kondisi mesin, serta komponen lainnya. Agar bila terjadi kerusakan bisa segera diperbaiki. Perlu diketahui mesin mobil merupakan bagian paling penting, sebagai penggerak pada sebuah mobil. Oleh sebab itu, merawat mesin mobil merupakan hal yang wajib dilakukan oleh Anda sebagai pemilik.

Cara Merawat Mesin Mobil

Bagi Anda yang kurang memahami seluk beluk tentang mobil serta perawatannya, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam merawat mobil agar awet.

1. Ganti Oli Mobil Secara Rutin

Cara merawat mesin mobil yang pertama bisa Anda lakukan adalah mengganti oli dan filter mobil secara rutin. Oli memiliki peran yang cukup penting sebagai pelumas yang mengurangi gesekan antar komponen. Selain itu, oli juga berfungsi sebagai peredam getaran, pendingin mesin, pembersih kotoran hingga anti karat di dalam mesin.

Mobil yang digunakan secara terus menerus, akan membuat oli bekerja keras, sehingga mengurangi zat kimia yang terkandung di dalamnya. Umumnya oli pada sebuah mobil akan diganti saat mencapai jarak tempuh sekitar 10.000 Km dengan pemakaian normal.

Namun, beberapa bengkel menyarankan untuk melakukan pergantian oli saat mencapai jarak tempuh sekitar 5.000 Km jika pemakaian dengan kondisi jalanan tidak normal atau macet. Jadi, bisa disimpulkan jika jarak tempuh yang sudah dilalui mobil bisa menjadi patokan kita untuk melakukan servis atau pergantian oli.

2. Gunakan Cairan Radiator atau Coolant Saat Mengisi Air di Radiator

Cara merawat mesin mobil yang kedua adalah dengan memastikan air di bagian radiator selalu terisi dan jangan sampai kehabisan. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari mesin mobil overheat, sebab air radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin mobil saat bekerja.

Untuk mobil kesayangan, pastikan Anda mengisi radiator dengan coolant atau cairan radiator yang direkomendasikan. Perlu diketahui jika coolant memiliki zat anti rust yang bisa menjaga ruang radiator untuk tetap bersih dan awet.

Anda juga bisa melakukan pengecekan jenis cairan lain yang dibutuhkan mobil, misalnya power steering, rem dan yang lainnya. Jika Anda sering menggunakan air wiper, jangan lupa untuk mengisi tabung air wiper dengan air bersih ketika mulai habis.

3. Panaskan Mobil, Cek Kondisi Ban dan Kelengkapan Mobil

Cara merawat mesin mobil selanjutnya adalah dengan memanaskan mesin mobil secara rutin, minimal 1 menit setiap hari. Kondisi mesin mobil yang rutin dipanaskan setiap hari, akan memiliki performa yang lebih prima serta jarang mengalami gangguan. Memanaskan mobil juga akan membuat oli lebih merata ke seluruh bagian mesin.

Anda bisa memanaskan mobil dengan transmisi di posisi netral, tanpa menyalakan AC. Panaskan sesuai dengan pemakaiannya, jika jarang digunakan maka proses pemanasan mobil akan lebih lama dibandingkan dengan mobil yang digunakan setiap hari.

Selain melakukan pemanasan pada mesin mobil, Anda juga bisa melakukan pengecekan pada kondisi ban, dan kelengkapan mobil yang lain misalkan lampu-lampu serta kopling mobil.

4. Rutin Bersihkan Mobil

Cara merawat mesin mobil lainnya adalah dengan rutin membersihkan mobil. Cara ini memang terbilang mudah, namun sangat berperan penting dalam menjaga keawetan mesin mobil. Pertama, Anda bisa membersihkan blok mesin area bawah menggunakan autosol. Selanjutnya, Anda bisa membersihkan blok mesin menggunakan lap kain, atau engine degreaser.

Gunakan juga kuas atau sikat gigi untuk mencapai bagian yang sulit dijangkau. Untuk membersihkan kotoran yang melekat pada bagian saringan udara, silinder head dan tutup karburator Anda bisa menggunakan bahan wax.

Dengan rutin membersihkan mesin seperti cara di atas, maka kondisi mesin mobil Anda akan selalu dalam keadaan bersih. Hal tersebut tentunya akan berpengaruh pada performa mobil agar tetap prima karena tidak adanya kotoran pada bagian dalam mesin mobil.

5. Lakukan Tune Up Secara Berkala

Tune up merupakan salah satu solusi untuk memperpanjang usia mesin mobil Anda. Melakukan tune up secara berkala terbukti mampu membuat mesin mobil lebih awet. Pasalnya, saat melakukan tune up seluruh komponen mobil akan dilakukan pengecekan secara detail oleh para ahlinya.

Secara umum, tune up adalah melakukan penyetelan ulang mobil, sehingga mobil akan mengalami peningkatan performa. Anda bisa melakukan tune up di bengkel setiap 3 bulan sekali.

6. Pilih Bahan Bakar dengan Nilai Oktan yang Tinggi

Pemilihan serta penggunaan bahan bakar juga memiliki peranan penting dalam meningkatkan performa kendaraan. Anda bisa memilih bahan bakar dengan nilai oktan yang tinggi. Penggunaan BBM dengan nilai oktan tinggi dapat membantu mesin bekerja secara optimal. Saat mesin bekerja secara optimal dan baik, maka komponen mesin akan lebih terjaga, dan tentunya usia mesin akan lebih panjang serta awet.

Jika Anda ingin kerja sama iklan (sponsorship), content placement, pemasangan backlink dan kerja sama lainnya, Anda bisa menghubungi kami lewat WhatsApp:

Dewi: https://wa.me/6281326325743