Tuesday , May 21 2024
Ketahui Syarat untuk Mengurus Surat Izin Usaha Jasa Pertambangan

Ketahui Syarat untuk Mengurus Surat Izin Usaha Jasa Pertambangan

Bisnis pertambangan merupakan salah satu bisnis dengan hasil yang menggiurkan. Terlebih negara Indonesia adalah negara yang memiliki kandungan mineral dan juga hasil tambang yang melimpah.

Untuk memulai bisnis pertambangan, tidak cukup dengan memiliki perusahaan saja, Anda juga perlu memiliki surat izin usaha jasa pertambangan atau SIUJP. Untuk memperoleh SIUJP ini memang diperlukan banyak persiapan dan pengurusan dokumennya terbilang cukup lama. Namun tentu saja tetap harus dilakukan untuk keamanan dan kenyamanan perjalanan bisnis Anda.

Syarat untuk Mengurus SIUJP

Syarat untuk Mengurus SIUJP

Bagi Anda yang ingin mengurus SIUJP berikut adalah persyaratan yang harus disiapkan dan juga dibutuhkan.

1. Data Dalam Bentuk Digital

Syarat yang pertama dalah melengkapi semua dokumen persyaratan. Semua dokumen ini juga harus digandakan dan disimpan dalam bentuk digital dengan format PDF. Selain itu Anda juga diwajibkan melengkapi checklist yang berhubungan dengan semua persyaratan yang ada untuk pengecekan.

2. Melengkapi Bukti pembayaran

Ketika akan melakukan usaha pertambangan, tentunya Anda memiliki wilayah penambangan resmi yang ditandai dengan kepemilikan peta WIUP. Untuk mengurus SIUJP Anda juga harus menyiapkan lampiran bukti pembayaran PNBP dengan peta WIUP. Lampiran ini dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang tertera dalam Undang-Undang.

3. Surat Pernyataan

Persyaratan yang ketiga adalah menyiapkan surat pernyataan yang memuat peryataan kesiapan diri untuk mematuhi semua ketentuan perundang-undangan pertambangan yang berlaku. Termasuk kesiapan dalam menjaga lingkungan sekitar area tambang, surat pernyataan ini wajib menyertakan tanda tangan basah serta materai baru.

4. Dokumen ISO

Melampirkan semua dokumen ISO terbaru adalah persyaratan yang ke empat. Ada beberapa jenis dokumen ISO yang harus dilampirkan, Antara lain: ISO untuk kesehatan dan lingkungan hidup, ISO untuk manajemen lingkungan dan terakhir adalah ISO manajemen mutu.

5. Susunan Hierarki Perusahaan

Syarat yang kelima adalah menyertakan susuna hierarki perusahaan termasuk dengan nama anggotanya. Dan Anda juga harus melampirkan semua indentitas dari nama yang tertulis berikut NPWP masing-masing anggota.

6. Menyerahkan Bukti Kompensasi Dan Pelunasannya

Selain penyerahan berbagai dokumen Anda juga harus melengkapi persyaratan administrasif berupa pembayaran kompensasi. Untuk mengurus SIUJP Anda harus melampirkan kompensasi beserta pelunasannya. Dokumen yang diberikan berupa hasil scan dan aslinya untuk penyerahan pada proses tingkat lanjut.

7. Surat Dan Bukti Lelang Serta Jaminan Eksplorasi

Syarat berikutnya adalah penyerahan surat dan bukti lelang serta jaminan eksplorasi. Dokumen tersebut juga diberikan dalam bentuk aslin dan data digital.

8. Surat Permohonan

Selain semua dokumen yang berhubungan dengan kegiatan penambangan dan perusahaan. Anda juga diharuskan membuat surat permohonan dengan ketentuan penulisan nama terang, tanda tangan basah dan materai yang asli.

Tahapan Pengurusan SIUJP

Ketika semua persayaratan telah terpenuhi. Anda dapat memulai proses pengurusan melalui beberapa tahap berikut ini:

  1. Yang pertama adalah prose pengajuan SIUJP, yang dibagi menjadi dua tahap yaitu proses verifikasi berdasarkan kelengkapan dokumen terkait, setelah lolos Anda dapat melalui tahapan pengajuan kedua yaitu proses evaluasi.
  2. Evaluasi dan persetujuannya. Evaluasi meliputi tahapan penilaian finansial, administratif dan teknis. Jika ada persyarayan yang tertolak maka akan diberikan instruksi untuk penambahan syarat yag lainnya.
  1. Proses penerbitan izin dari surat. Tahapan terakhir adalah penerbitan izin dari surat izin usaha jasa pertambangan. Setelah semua proses sudah selesai dan lengkap maka surat keputusan akan mendapatkan nomor pengesahan. Kemudian akan diserahkan kembali kepada pemohon.