Ketahui 5 Manfaat Olahraga Badminton untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh Anda

Manfaat Olahraga Badminton untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh Anda

Olahraga adalah hal yang sangat penting dilakukan sehari-hari. Karena olahraga aakan membantu menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh. Ada banyak pilihan olahraga yang dapat Anda pilih, sesuai dengan kemampuan fisik dan juga ketertarikan.

Jika Anda merupakan orang yang tidak bersemangat jika olahraga sendiri, atau merupakan tipikal orang yang lebih bersemangat dengan jenis olahraga pemainan, maka Anda dapat mencoba permainan Badminton.

Olahraga badminton juga cukup mudah dilakukan, permainan ini juga tidak membutuhkan banyak orang. Anda dapat melakukannya bersama keluarga atau tetangga ketika hari libur. Tempat yag dibutuhkan juga tidak terlalu luas atau Anda dapat menyewa atau menggunakan fasilitas badminton yang banyak disediakan.

Manfaat Olahraga Badminton

Selain dapat digunakan sebagai sarana family time, mengeratkan silaturahmi dengan kerabat atau tetangga, permainan badminton juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Antara lain:

1. Meningkatkan Kebugaran & Menurunkan Berat Badan

Badminton merupakan olahraga kardio, olahraga kardio adalah olahraga untuk menguatkan otot jantung. Ketika olahraga kardio pembuluh darah akan mengedarkan darah ke seluruh tubuh lebih cepat dan lebih banyak. Hal ini membuat sel otot juga mendapat lebih banyak asupan oksigen dari dalam darah yang akan membantu meningkatkan metabolisme dan juga pembakaran lemak, bahkan sampai beberapa saat setelah Anda berhenti melakukan olahraga tersebut.

Olahraga badminton diketahui dapat membakar 450 kalori per jam. Dan yang lebih menguntungkan hampir semua usia termasuk Orang 60 tahun keatas dapat memainkannya.

2. Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Selain menyehatkan jantung dan membakar lemak, olahraga badminton bahkan dapat digunakan sebgai latihan otak untuk meningkatkan fungsi kognitif otak. Selama permainan, Anda akan terus berfikir, dan mengingat langkah serta membaca dan memperkirakan serangan lawan, mengatur strategi berikutnya.

Latihan otak ini terbukti bisa menurunkan risiko demensia saat usia lanjut. Otak yang teraliri darah lebih banyak karena aktifitas ini juga dapat meningkatkan keja saraf serta meningkatkan massa otak.

3. Menguatkan Otot & Persendian Tubuh

Permainan badminton akan membuat hapir semua otot dan sendi Anda bergerak, mulai dari otot betis, paha, bokong, panggul dan pinggul bahkan otot lengan atas dan otot punggung untuk memukul bola.

Dengan rutin main badminton, Anda akan memiliki otot yang kuat serta sendi yang fleksibel. Memiliki otot yang kuat serta sendi yang fleksibel akan membantu Anda meminimalisir terjadinya cidera saat melakukan aktiftas harian.

4. Mengurangi Stres

Olahraga, terutama yang berupa permainan seperti badminton tidak hanya memberikan manfaat kesehatan dan kebugaran fisik saja, namun juga akan menjaga kesehatan mental Anda. Selama melakukan permainan, otak akan melepaskan hormon endorfin, dopamin, serotonin, dan triptofan lebih banyak, dan menekan produksi hormon kortisol dan epineprin, yang merupakan dua hormon pemicu stres.

Hormon-hormon positif ini akan bekerja sama menimbulkan perasaan senang dan mengusir stres, sehingga menciptakan pikiran-pikiran positif serta dapat memperbaiki kualitas tidur. Selain pengahruh hormon permainan badminton juga membuat kita berinteraksi dengan orang lain. Berbincang, bersenda gurau dan bertukar pikiran dengan orang lain dipercya juga mampu meredakan stress.

5. Mencegah Datangnya Sejumlah Penyakit

Karena peredaran darah berjalan lebih lancar, metabolisme juga menjadi lebih baik maka secara tidak langsung badminton juga dapat menjauhkan Anda dari berbagai penyakit degeneratif berbahaya seperti: tekanan darah tinggi, diabetes, bahkan obesitas.

Badminton juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner dengan cara mengurangi kadar trigliserida, meningkatkan jumlah kolesterol baik, sehingga dapat mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah. Bermain badminton secara rutin juga terbukti dapat menjaga kepadatan tulang sejak dini serta mencegah perkembangan osteoporosis di masa tua.

Itulah beberapa manfaat permainan badminton. Permainan menyenangkan yang dapat Anda lakukan saat libur atau akhir pekan ini akan memberikan banyak manfaat positif bagi kehidupan Anda.

Jasa Pembuatan Lapangan Badminton

Bermain badminton idealnya memang di lapangan. Selain lebih leluasa, bermainan di lapangan juga lebih aman dan nyaman karena mengunakan alas berupa karpet lapangan badminton.

Jika Anda hendak membuat lapangan badminton, maka ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan dan pertimbangkan. Agar Anda tidak perlu bingung dan sibuk memikirkannya, serahkan saja pembuatannya kepada Jasa Pembuatan Lapangan.