Harga Beras per Kg Terbaru Agustus 2018


Harga Beras per Kg Terbaru

Harga Beras per Kg Terbaru ...

Harga Beras per Kg TerbaruBeras adalah komoditas makanan pokok yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Indonesia. Beras menjadi makanan dasar sehari-hari yang tidak terlepas dari penduduk Indonesia.

Walau memang tidak semua daerah menyukai makanan yang berbuat dari beras ini tetapi bahan ini selalu menjadi perhatian besar pemerintah dalam mengendalikan harga. Harga beras per kg terbaru kali ini silakan di simak di sini.

Secara istilah beras merupakan bagian bulir padi (gabah) yang telah dipisah dari sekam. Sekam (Jawa merang, damen) secara anatomi disebut ‘palea’ (bagian yang ditutupi) dan ‘lemma’ (bagian yang menutupi). Beras juga bisa dikatakan isi biji gabah yang menjadi bahan makanan.

Proses mendapatkan beras menjadi salah satu tahap hasil panen padi yaitu ketika gabah ditumbuk dengan lesung atau digiling sehingga bagian luarnya (kulit gabah) terlepas dari isinya. Bagian isi inilah, yang berwarna putih, kemerahan, ungu, atau bahkan hitam, yang disebut beras.

Hasil beras merupakan tumbuhan yang tumbuh sebagai tanaman tahunan. Tanaman padi dapat tumbuh hingga setinggi 1 – 1,8 m. Daunnya panjang dan ramping dengan panjang 50 – 100 cm dan lebar 2 – 2,5 cm. Beras yang dapat dimakan berukuran panjang 5 – 12 mm dan tebal 2 – 3 mm.

Harga Beras per Kg Terbaru

Berikut harga beras per kilogram terbaru saat ini. Simak dan cek satu persatu untuk beras kelas premium dan medium per kg terkini.

Tabel Harga Beras per Kg Terbaru*)


Wilayah Penjualan Jenis Beras Premium (Rupiah) Jenis Beras  Medium (Rp)
Jawa, Lampung, Sumatera Selatan 13.000  Rp                  15.000,00
Sumatera 13.000  Rp                  16.500,00
Bali dan NTB 13.000  Rp                  13.000,00
NTT 13.000  Rp                  16.300,00
Sulawesi 13.000  Rp                15.000,00
Kalimantan 13.500  Rp                  15.000,00
Maluku dan Papua 14.000  Rp                  17.500,00

Kandungan Beras yang Patut Diketahui

Beras masuk sebagai bulir serealia beras terduri dari pati (sekitar 80-85%). Beras juga mengandung protein, vitamin (terutama pada bagian aleuron), mineral, dan air.

Pati beras tersusun dari dua polimer karbohidrat pertama amilosa, pati dengan struktur tidak bercabang dan kedua amilopektin, pati dengan struktur bercabang dan cenderung bersifat lengket.

Perbandingan komposisi kedua golongan pati ini sangat menentukan warna (transparan atau tidak) dan tekstur nasi (lengket, lunak, keras, atau pera). Ketan hampir sepenuhnya didominasi oleh amilopektin sehingga sangat lekat, sementara beras pera memiliki kandungan amilosa melebihi 20% yang membuat butiran nasinya terpencar-pencar (tidak berlekatan) dan keras.

Baca Juga:

Dengan mengetahui harga beras per kg terbaru saat ini setidaknya akan memberikan gambaran jual beli terbaru di pasaran. Gunakan sumber ini sebagai bahan pembanding untuk mengetahui harga beras baik per kuintal maupun per ton.

Harga beras pe kilogram merupakan harga eceran terendah yang beredah di toko, supermarket, mall, dan pusat perbelanjaan lainnya.



Loading...
harga beras medium update terbaru per agustus