Daftar Harga Kaktus Hias Oktober 2021

Daftar Harga Kaktus Hias Terbaru

Bunga merupakan salah satu ornamen yang mampu membuat indah rumah, terutama sudut ruangan. Kehadiran bunga mampu menambah kecantikan ruangan. Selain menambah kesan cantik kehadiran tanaman hias juga mampu membuat ruangan menjadi sejuk. Karena ada beberapa buah yang mampu menjadi filter bagi udara yang kotor. Kali ini kita akan mengulas tentang kaktus.

Tanaman yang satu ini sering tumbuh didaerah gurun pasir. Namun belakangan kaktus menjadi incaran para pemburu tanaman hias untuk dijadikan koleksi. Kaktus adalah nama yang diberikan untuk anggota tumbuhan berbunga famili Cactaceae. Kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air. Kaktus biasa ditemukan di daerah-daerah yang kering (gurun).  Kata jamak untuk kaktus adalah kakti. Kaktus memiliki akar yang panjang untuk mencari air dan memperlebar penyerapan air dalam tanah. Air yang diserap kaktus disimpan dalam ruang di batangnya. Kaktus juga memiliki daun yang berubah bentuk menjadi duri sehingga dapat mengurangi penguapan air lewat daun. Oleh sebab itu, kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air.

Kaktus termasuk ke dalam golongan tanaman sukulen karena mampu menyimpan persediaan air di batangnya. Batang tanaman ini mampu menampung volume air yang besar dan memiliki bentuk yang bervariasi. Untuk dapat bertahan di daerah gurun yang gersang, kaktus memiliki metabolisme tertentu. Tumbuhan ini membuka stomatanya di malam hari ketika cuaca lebih dingin dibandingkan siang hari yang terik. Pada malam hari, kaktus juga mengambil COh2 dari lingkungan dan menyimpannya di vakuola untuk digunakan ketika fotosintesis berlangsung (terutama pada siang hari). Banyak spesies dari kaktus yang memiliki duri yang panjang serta tajam. Duri tersebut merupakan modifikasi dari daun dan dimanfaatkan sebagai proteksi terhadap herbivora. Bunga kaktus yang berfungsi dalam reproduksi tumbuh dari bagian ketiak atau areola dan melekat pada tumbuhan serta tidak memiliki tangkai bunga.

Macam-macam Kaktus

Ada beberapa jenis tanaman kaktus hias yang bisa anda koleksi dirumah. Untuk menambah kesan cantik anda bisa memilih berdasarkan warna kaktus. Berikut beberapa jenis kaktus serta karakteristiknya.

1. Kaktus Centong

Jenis-jenis kaktus hias yang pertama adalah kaktus centong atau nama ilmiahnya Opuntia cochenillifera. Disebut kaktus centong karena bentuknya yang lebar menyerupai centong nasi yang biasa kita gunakan di rumah. Kaktus centong cocok diletakkan di area teras rumah atau area taman. Ukuran mini bisa ditanam di pot dengan diameter sekitar 20 cm sampai 30 cm. Di luar negeri, kaktus centong juga dibudidayakan dan diambil buahnya untuk dikonsumsi. unik banget, kan?

2. Kaktus Koboi

Kaktus koboi adalah salah satu jenis kaktus yang paling populer di antara jenis-jenis kaktus hias lainnya. Bentuk awal kaktus koboi mini bisa kamu tempatkan di pot berdiameter 20 cm. Jika terus tumbuh besar, kamu bisa memindahkannya ke area taman rumah. Untuk memelihara kaktus koboi, pastika kamu menjauhkan penempatannya dari jangkauan anak-anak, ya. Sebab jumlah duri pada kaktus koboi cukup banyak dan sangat tajam.

3. Kaktus Sansevieria

Jenis kaktus ini sudah dikenal sejak dulu sebagai kaktus hias yang berukuran mini dan mudah dirawat. Jumlah duri pada kaktus sansevieria juga sedikit, hanya pada bagian ujung daun dan tidak terlalu tajam. Jenis kaktus sansevieria yang populer adalah sansevieria pagoda dan sansivieria boncel.

4. Kaktus Gymno

Kaktus dengan nama ilmiah Gymnocalycium ini terbilang unik karena memiliki warna cantik pada bagian batang dan dapat berbunga jika dirawat dengan baik. Warna kaktus gymno antara lain jingga, ungu, pink, kuning, dan merah. Cocok sekali diletakkan di area jendela atau meja di rumahmu. Jenis kaktus gymno grafting atau gymno rubra asal Korea Selatan disebut sebagai yang tercantik karena memiliki bunga yang indah banget.

5. Kaktus Crassula

Jenis-jenis kaktus hias mini selanjutnya adalah kaktus crassula atau disebut juga dengan kaktus sukulen. Bentuk kaktus crassula sangat unik dan variatif. Ada yang menyerupai umbi yang bertumpuk untuk tipe crassula budha temple, dan bentuk yang mirip seperti ganggang laut untuk tipe crassula ovate Gollum.

6. Kaktus Mammillaria

Satu lagi dari jenis-jenis kaktus hias mini yang memiliki ciri khas duri yang sangat banyak, namun warnanya begitu cantik. Kaktus mammilaria juga bisa menghasilkan bunga yang mekar cukup besar. Enggak heran jika harganya terbilang mahal, mulai dari Rp100.000-an sampai Rp400.000-an per tanaman. Tipe kaktus mammilaria yang umum dijual di pasaran adalah mammilaria elongate var intertexta, dan mamilaria triple head.

7. Kaktus Haworthia

Kaktus haworthia memiliki bentuk yang mirip dengan kaktus sansevieria. Karena berasal dari daratan Afrika, kaktus haworthia mampu bertahan hidup di daerah dengan cuaca panas dan kering. Buat kamu yang tinggal di area perkotaan yang terbilang gersang dan panas, cocok banget memilih haworthia sebagai tanaman hias di rumah. Harganya juga murah! Tipe kaktus haworthia yang populer antara lain haworthia attenuate, haworthia coopery var, dan haworthia variegate.

8. Kaktus Euphorbia

Kaktus euphorbia juga merupakan jenis-jenis kaktus hias yang berasal dari Afrika. Nama lain dari tanaman ini adalah susuru atau African milk tree. Bentuknya sedikit mirip dengan kaktus koboi, namun berbeda pada bagian bentuk durinya. Tipe kaktus euphorbia yang banyak dijual adalah euphorbia caput medusa, dan euphorbia lactae.

9. Kaktus Echeveria

Jenis kaktus yang satu ini lagi hits banget karena bentuknya yang justru menyerupai bunga yang terlihat artsy. Variasi warna kaktus echeveria terdiri dari hijau, pink, ungu, kuning, dan merah. Tipe yang banyak dijual adalah echeveria sp, echeveria agavoides, dan echeveria minima cluster.

10. Kaktus Monadenium

Bentuk kaktus monadenium unik karena mirip seperti buah srikaya. Selain berupa batang, monadenium juga memiliki daun dan bunga pada bagian ujung teratasnya.

11. Kaktus Agave

Jenis-jenis kaktus hias mini yang selanjutnya adalah kaktus agave. Bentuk dari kaktus agave mirip seperti kaktus echeveria, namun ada perbedaan pada corak daun. Kaktus agave didominasi dengan warna hijau, putih, dan duri dengan warna ungu. Baik kaktus agave maupun kaktus echeveria sedang banyak dicari konsumen, sehingga laris manis di pasaran.

Baca Juga:

12.Kaktus Noto

Jenis-jenis kaktus hias mini yang terakhir adalah kaktus noto yang berbentuk bulat. Sangat lucu untuk dipajang di area luar rumah. Karena memiliki banyak duri halus, kamu harus meletakkannya di tempat yang aman dri jangkauan anak-anak.

Daftar Harga Kaktus Hias

Dari beberapa jenis kaktus diatas tentunya memiliki harga yang berbeda pila. Harga dari kaktus tergantung pada keindahan kaktus, warna kaktus serta jenis kaktus. Bberikut daftar harga kaktus hias sesuai dengan jenis dan warnanya.

Varian Kaktus MiniKisaran Harga (Rp)
Kaktus Parodia145,000
Kaktus Ariocarpus500,000
Kaktus Astrophytum40,000
Kaktus Echinocactus Grusonii75,000
Kaktus Echinofossulocactus495,000
Kaktus Gymnocalycium70,000
Kaktus Haworthia Attenuata12,000
Kaktus Lobivia Oganmaru30,000
Kaktus Mammillaria Elongata36,500
Kaktus Mammillaria Elongata var. Intertexta53,000
Kaktus Kaktus Mini Melocactus75,000
Kaktus Mammillaria Fraileana40,000

Demikian tadi daftar harga kaktus hias terbaru yang bisa kami sajikan. Semoga informasi diatas menambah pengetahuan anda tentang macam kaktus yang bisa anda koleksi.